Soal Kaidah Pencacahan Kelas 12
KAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANEh salah sejarah kerajaan joseonSOAL:Raja-raja kerajaan Joseon siapa saja?
1. KAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANKAIDAH PENCACAHANEh salah sejarah kerajaan joseonSOAL:Raja-raja kerajaan Joseon siapa saja?
RAJA-RAJA KERAJAAN DINASTI JOSEON :Raja TaejoRaja JeongjongRaja TaejongRaja Sejong Yang AgungRaja MunjongRaja DanjongRaja SejoRaja YejongRaja Seongjong
2. Point ke 2!! Mohon bantuannya,, Kaidah Pencacahan Kelas 12
Jawab:
40
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Jika angka 1 di depan, angka berikutnya adalah 2, 2, 3, 4, maka banyak susunannya adalah :
[tex]\frac{4!}{2!1!1!}=\frac{4\times 3\times 2!}{2!\times 1\times 1}=12\text{ kode (angka 1 di depan)}[/tex]
Jika angka 2 di depan, angka berikutnya adalah 1, 2, 3, 4, maka banyak susunannya adalah :
[tex]\frac{4!}{1!1!1!}=4\times 3\times 2\times 1=24\text{ kode (angka 2 di depan)}[/tex]
Jika angka 31 di depan, angka berikutnya adalah 2, 2, 4, maka banyak susunannya adalah :
[tex]\frac{3!}{2!1!}=\frac{3\times 2!}{2!\times 1}=3\text{ kode (angka 31 di depan)}[/tex]
Jika angka 32 di depan, angka berikutnya adalah 124 yaitu tersisa 1 kode.
12 + 24 + 3 + 1 = 40
Maka, kode 32124 berada pada urutan ke-40.
Semoga bermanfaat!!!
catatan: jika penyelesaian tidak terbuka pada aplikasi, harap membuka brainly menggunakan browser
3. SOAL ATURAN PENCACAHAN KELAS 12
Jawaban:
6. C. 157.C. 78.D. 20Cara penyelesaian terlampir yaa
Semoga membantu!
4. contoh soal HOTS kaidah pencacahan
Jawaban:
2,4x4,6=
jawab dengan benar
5. Berikanlah contoh soal mengenai kaidah pencacahan beserta dengan jawaban/penjelasannya!
[tex]{\orange{\boxed{\boxed{\mathfrak{\underline{\red{ Answer+Explain }}}}}}}[/tex]
SOALBerikanlah contoh soal mengenai kaidah pencacahan beserta dengan jawaban/penjelasannya!
[tex]{\red{\boxed{\boxed{\mathfrak{\underline{\green{pembahasan}}}}}}}[/tex]
1). Seorang driver ingin berjalan dari kota A ke C melalaui kota B.
jalan melalui kota A ke B ada 3 dan jalan dari kota B ke C
ada 4 maka kemungkinan jalur yang di lalui maka kemungkinan jalur yang di lalui adalah
[tex]penjelasan \: terlampir \: di \: foto[/tex]
2). Seorang perempuan mempunyai 3 jaket , 2 kaos dan
3 sepatu.
Variasi jaket kaos dan sepatu adalah...
Jawab:
[tex]3 \: . \: 2 \: . \: 3 = 18 \: cara
[/tex]
[tex]Note . \: jika \: masih \: belum \: jelas \\ \: bisa \: saya \: tambahkan \: soal \: lagi[/tex]
[tex]{\green{\boxed{\boxed{\mathfrak{\underline{\blue{semoga \: membantu}}}}}}}[/tex]
Terdapat 3 rute perjalanan dari kota X menuju kota Y, dan terdapat 4 rute perjalanan dari kota Y menuju kota Z.
Berapa pilihan rute perjalanan dari kota X menuju kota Z melalui kota Y lalu kembali ke kota X melalui kota Y, jika
a. perjalanan pergi dan pulang tidak boleh melalui rute yang sama.
b. perjalanan pergi dan pulang boleh melalui rute yang sama.
Jawaban:
a. 72 pilihan rute perjalanan.
b. 144 pilihan rute perjalanan.
Penjelasan dengan langkah-langkah:
a. banyaknya rute perjalanan akan menggunakan aturan perkalian.
dari X ke kota Y lalu ke kota Z = 3 × 4 = 12
dari Z ke kota Y lalu ke kota X = 3 × 2 = 6
maka akan ada sebanyak = 12 × 6 = 72 pilihan rute.
b. banyaknya rute perjalanan akan menggunakan aturan perkalian.
dari X ke kota Y lalu ke kota Z = 3 × 4 = 12
dari Z ke kota Y lalu ke kota X = 4 × 3 = 12
maka akan ada sebanyak = 12 × 12 = 144 pilihan rute.
Semoga jelas dan membantu.
#TetapDiRumah
#TetapSehatDanBelajar
#semogaCovid19mereda
6. Tolong 1 Soal aja, No Ngasal kaidah Pencacahan
Jawab:
D. 315
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Pria : 6 orang
Wanita : 7 orang
Delegasi : 4 orang (2 orangnya wanita)
Banyak cara memilih delegasi :
[tex]_6C_2\times_7C_2=\frac{6!}{(6-2)!\times 2!}\times\frac{7!}{(7-2)!\times 2!}=\frac{6\times 5\times \cancel{4!}}{\cancel{4!}\times 2}\times\frac{7\times 6\times \cancel{5!}}{\cancel{5!}\times 2}=15\times 21=\boxed{315}[/tex]
Semoga bermanfaat!!!
catatan: jika penyelesaian tidak terbuka pada aplikasi, harap membuka brainly menggunakan browser
7. soal pembahasan tentang kaidah pencacahan?
Jawaban:
Empatsiswadanduasiswiakandudukberdampingan.Apabilasiswiselalududukpalingpinggir,banyakcaramerekadudukadalah...
Banyakcara2siswiduduk dipinggir=
2!=2×1
=2
Diantarakeduasiswitersebutada4siswa.Banyakcara mereka duduk adalah=
4!=4×3×2×1
=24
Jadibanyak carasiswadansiswi tersebutduduk adalah
2×24=48
Semoga membantu ☻#backtoschool2019
8. SOAL MENJODOHKAN MATEMATIKA WAJIB KELAS 12: ATURAN PENCACAHAN
Jawaban:
Nomor 1. jodohnya C.720Nomor 2. jodohnya A. 8Nomor 3. jodohnya E. 24Nomor 4. jodohnyaD. 120Nomor 5. jodohnyaB. 60Cara penyelesaian masing-masing soal ada di lampiran yaa.
Semoga membantu :)
9. Q. Kaidah Pencacahan(12 - 6)!((34 ÷ 2) - 12)!
~Jawaban
1) (12 - 6)! = ?
= (12 - 6)!
= ( 6 )!
= 6 × 5 × 4 × 3 × 2
= 720 ☑
2) (34 ÷ 2) - 12))! = ?
= ((34 ÷ 2) - 12)!
= ( 17 - 12 )!
= ( 5 )!
= 5 × 4 × 3 × 2
= 60 × 2
= 120 ✔
•▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬•
» No. 1– Pertanyaan(12 - 6) ! = ...
– Penyelesaian= (12 - 6)!
= 6!
= 6!
= 6 × 5 × 4 × 3 × 2 × 1
= 6 × 5 × 4 × 3 × 2 × 1
= 30 × 12 × 2
= 30 × 24
= 720
•▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬•
» No. 2– Pertanyaan[(34 ÷ 2) - 12] ! = ...
– Penyelesaian= [(34 ÷ 2) - 12] !
= [17 - 12] !
= 5!
= 5!
= 5×4×3×2×1
= 5 × 4 × 3 × 2 × 1
= 20 × 6
= 120
•▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬•
10. contoh soal kaidah pencacahan beserta pembahasannya
Empat siswa dan dua siswi akan duduk berdampingan. Apabila siswi selalu duduk paling pinggir, banyak cara mereka duduk adalah ….
Banyak cara 2 siswi duduk di pinggir:
2! = 2 × 1
= 2
Di antara kedua siswi tersebut ada 4 siswa. Banyak cara mereka duduk adalah:
4! = 4 × 3 × 2 × 1
= 24
Dengan demikian, banyak cara siswa dan siswi tersebut duduk adalah:
2 × 24 = 48
11. Buatlah contoh 5 soal materi tentang kaidah pencacahan?
Jawaban:
idschoolSkip to content
Contoh Soal Kaidah Pencacahan 3
Contoh Soal Kaidah Pencacahan 3 adalah halaman yang memuat kumpulan soal un dengan materi kaidah pencacahan yang sesuai untuk level kognitif penalaran. Bahasan dalam materi kaidah pencacahan meliputi tiga bahasan, yaitu aturan pengisian tempat, permutasi, dan kombinasi. Pada level kognitif penalaran, bentuk soal aturan pengisian tempat, bentuk soal un kaidah pencacahan permutasi, kaidah pencacahan kombinasi, akan menguji kemampuan bernalar dalam memecahkan persoalan terkait topik kkaidah pencacahan.
Berikut ini akan diberikan contoh soal kaidah pencacahan aturan pengisian tempat, contoh soal un kaidah pencacahan permutasi, dan contoh soal un kaidah pencacahan kombinasi untuk level kognitif penalaran.
Kaidah Pencacahan – Aturan Pengisian Tempat
Contoh 1 – Latihan Soal UN 2019 Aturan Pengisian Tempat
Terdapat 8 pria dan 5 wanita calon pengurus karang taruna dengan kedudukan sebagai ketua I, ketua II, sekretaris I, sekretaris II, bendahara I, bendahara II, dan humas. Jika ketua harus pria dan sekretaris harus kedua pria atau keduanya wanita, maka banyaknya cara yang mungkin dalam melakukan penyusunan kepengurusan tersebut adalah ….
\[ \textrm{A.} \; \; \; 5^{2} \cdot 6^{2} \cdot 350 \]
\[ \textrm{B.} \; \; \; 6^{2} \cdot 7^{2} \cdot 350 \]
\[ \textrm{C.} \; \; \; 7^{2} \cdot 8^{2} \cdot 450 \]
\[ \textrm{D.} \; \; \; 7^{2} \cdot 9^{2} \cdot 450 \]
\[ \textrm{E.} \; \; \; 8^{2} \cdot 9^{2} \cdot 450 \]
Pembahasan:
Banyaknya susunan kepengurusan untuk kedua sekretaris pria:
Sediakan kolom seperti di bawah:
Soal un aturan pengisian tempat
Cara mengisi kolom
Kolom I ketua dapat diisi oleh 8 orang (banyaknya pria ada 8 orang).
Kolom II ketua dapat diisi oleh 7 orang (dari 8 pria sudah mengisi 1 posisi untuk kolom sebelumnya).
Kolom I sekretaris dapat diisi oleh 6 orang (dari 8 pria sudah mengisi 2 posisi untuk kolom sebelumnya).
Kolom II sekretaris dapat diisi oleh 5 orang (dari 8 pria sudah mengisi 3 posisi untuk kolom sebelumnya).
Kolom I bendahara dapat diisi oleh 9 orang (dari 5 wanita dan 4 pria yang belum mengisi kepengurusan).
Kolom II bendahara dapat diisi oleh 8 orang (dari 9 wanita dan pria yang belum mengisi kepengurusan dikurangi satu karena telah mengisi satu posisi untuk kolom sebelumnya).
Kolom humas dapat diisi oleh 7 orang (dari 9 wanita dan pria yang belum mengisi kepengurusan dikurangi dua karena telah mengisi dua posisi untuk kolom sebelumnya).
Sehingga, banyaknya susunan yang mungkin untuk memilih susunan kepengurusan dengan kedua ketua pria dan kedua sekretaris wanita adalah:
\[ = 8 \cdot 7 \times 6 \cdot 5 \times 9 \cdot 8 \times 7 \]
Selanjutnya cara memilih untuk banyaknya susunan kepengurusan dengan kedua sekretaris wanita:
Contoh soal un aturan pengisian tempat dan pembahasan
Kolom I ketua dapat diisi oleh 8 orang (banyaknya pria ada 8 orang).
Kolom II ketua dapat diisi oleh 7 orang (dari 8 pria sudah mengisi 1 posisi untuk kolom sebelumnya).
Kolom I sekretaris dapat diisi oleh 5 orang (banyaknya wanita ada 5 orang).
Kolom II sekretaris dapat diisi oleh 4 orang (dari 4 wanita sudah mengisi 1 posisi untuk kolom sebelumnya).
Kolom I bendahara dapat diisi oleh 9 orang (dari 3 wanita dan 6 pria yang belum mengisi kepengurusan).
Kolom II bendahara dapat diisi oleh 8 orang (dari 9 wanita dan pria yang belum mengisi kepengurusan dikurangi satu karena telah mengisi satu posisi untuk kolom sebelumnya).
Kolom humas dapat diisi oleh 7 orang (dari 9 wanita dan pria yang belum mengisi kepengurusan dikurangi dua karena telah mengisi dua posisi untuk kolom sebelumnya).
Sehingga, banyaknya susunan yang mungkin untuk memilih susunan kepengurusan dengan kedua ketua pria, kedua sekretaris wanita adalah:
\[
12. Kaidah Pencacahan, 1 Soal - No Ngasal!!!
Jawab:
A. 2520
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Permutasi n unsur yang sama
Kartu "3" ada 3 buah
Kartu "5" ada 5 buah
Kartu "6" ada 2 buah
Jumlah kartu : 10 buah
Dengan menggunakan permutasi n unsu yang sama, maka
[tex]\frac{10!}{3!\times5!\times 2!}=\frac{10\times 9\times 8\times 7\times\cancel{6}\times \cancel{5!}}{\cancel{6}\times\cancel{5!}\times 2}=\frac{5040}{2}=\boxed{2520}[/tex]
Semoga bermanfaat!!!
catatan: jika penyelesaian tidak terbuka pada aplikasi, harap membuka brainly menggunakan browser
13. kuiz. Berapa banyak susunan kata yang dapat dibuat dari kata - Abrakadabra?========================Kelas: 12 (Tiga SMA)Mapel: MatematikaBab: 7 - Kaidah pencacahan
a = 5
b = 2
r = 2
k = 1
d = 1
___ +
11 kata
11!/5! × 2! × 2!
11! =
11 × 10 × 9 × 8 × 7 × 6
= 332.640
5! =
5 × 4 × 3 × 2 × 1
20 × 3 × 2 × 1
60 × 2 × 1
120 × 1
= 120
2! =
2 × 1
= 2
332.640/120 × 2 × 2
332.640/240 × 2
332.640/480
= 693
Jumlah huruf = 11
Unsur Ganda:
a = 5b = 2r = 2Maka,
Jumlah huruf/Unsur ganda11!/5!.2!.2!11!/5!.2.2( 11 × 10 × 9 × 8 × 7 × 6 × 5! )/5!.2.2332.640 × 5!/5!.2.2332.640/120.2.2332.640/120.4332.640/480693Maka banyak susunan kata yang dapat dibuat dari kata " Abrakadabra " adalah 693 susunan kata.
[tex] \: [/tex]
14. 12! / 7!5! Kaidah pencacahan
jawab
12 ! / 7! . 5!
= 12 .11.10.9.8.7! / 7! . 5.4.2.1
= 12. 11.10.9.8 / 5.4.3.2.1
= 792
12x11x10x9x8x7! / 7!×5!
7!dicoret
Jadi 12x11x10x9x8/5x4x3x2x1
=792
15. QU1ZSoal kaidah pencacahan :Permutasi dari kata "LeeKnow" adalah ....──────────New bias ')
Jawaban:
[tex]{ \huge{ \mathfrak{ - leeknow- }}}[/tex]
banyak kata : 7!Unsur ganda : 2![tex]{ \tt{ = \frac{7!}{2!} }}[/tex]
[tex]{ \tt{ = \frac{7 \times 6 \times 5 \times 4 \times 3 \times 2 \times 1}{2 \times 1}}} [/tex]
[tex]{ \tt{ = \frac{5.040}{2} }}[/tex]
[tex]{ \tt{ = 2.520 \: susunan \: kata}}[/tex]
Penjelasan dengan langkah-langkah:
[tex]{ \boxed{ \bold{Answer : { \boxed{ \bold{ \red{ \colorbox{black}{DindaCanzZ}}}}}}}}[/tex]
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Susunan dari kata : "LeeKnow"L = 1e = 2K = 1n = 1o = 1w = 1total unsur = 7 huruf
unsur ganda = e (2)
P = n!/k!
P = 7!/2!
P = 7×6×5×4×3×2×1/2
P = 5040 / 2
P = 2.520susunan
Detail Jawaban :Kelas: 12 SMA / MA
Mapel: Matematika
Materi: Kaidah Pencacahan
KodeSoal: 2
KodeKategorisasi: 12.2.7
Katakunci: Permutasi dari kata "LEEKNOW"
Post a Comment for "Soal Kaidah Pencacahan Kelas 12"