Buku Belajar Membaca Anak Sd Kelas 1
jumlah murid kelas 6 SD Pertiwi 30 anak saat istirahat 2 per 5 diantara mereka suka membaca buku di perpustakaan 1/6 bermain sepak bola dan sisanya belajar di kelas banyak murid yang belajar di kelas adalah titik-titik anak
1. jumlah murid kelas 6 SD Pertiwi 30 anak saat istirahat 2 per 5 diantara mereka suka membaca buku di perpustakaan 1/6 bermain sepak bola dan sisanya belajar di kelas banyak murid yang belajar di kelas adalah titik-titik anak
Yang belajar dikelas adalah 18 anak
2. Ibu Anik mengajar di kelas 1 SD. Suatu hari, Ibu Anik membacakan sebuah cerita. Anak-anak mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Setelah selesai membacakan cerita tersebut, Bu Anik bertanya kepada anak-anak. Bu Anik: "Siapa nama anak yang pintar dalam cerita tadi?" Anak-anak menjawab serentak: "Dewi". Bu Anik: " Bagus sekali anak-anak, sekarang coba tulis nama Dewi di buku masing-masing". Semua anak segera menulis. Bu Anik berkeliling mengamati anak-anak menulis. Setelah semua anak kelihatan selesai menulis, Bu Anik meminta seorang anak maju ke depan untuk menuliskan kata dewi di papan tulis. Bu Anik: "Siapa yang tulisannya sama dengan yang di papan tulis?" Semua anak mengangkat tangan. Bu Anik melanjutkan pertanyaan. Bu Anik: "Dewi tinggal di mana anak-anak? Yang menjawab, angkat tangan" Semua anak mengangkat tangan. Bu Dewi menunjuk seorang anak. Tika: "Di desa, Bu". Dari jawaban ini, Bu Anik mengajak a
Jawaban:
jalan jalan ke desa bersama
3. KodeSOALBacalah kasus benkut ini :Bu Rita sadah lima tahun mengajar di Kelas 1 SD. Pada awal tahun ini,Bu Rita mencoba mengelompokkan anak yang sudah dapat membaca, yang belumdapat membaca tetapi sudah mengenal huruf, dan anak yang sama sekali belummengenal huruf. Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan informasi dari orangtua. Hasil pengelompoklan tersebut menunjukan bahwa dari 25 orang anak, tiga orangsudah dapat membaca, 15 orang belum dapat membaca, tetapi sudah mengenal huruf,dan sisanya 7 orang sama sekali belum mengenal huruf. Setelah mengetahui perbedaankemampuan anak tersebut. Bu Rita sebenarnya memberikan perlakuan yang berbedakepada setiap kelompok, namun ia mendapat kesulitan karena masalah waktu yangterbatas. Oleh karena itu, ia mengajar seperti biasa, seolah-olah kemampuan semuaanak sama. Ketika mulai mengajarkan membaca dan menulis permulaan (MMP), BuRita menemui masalah. Pada waktu mula membaca gambar, kelompok anak yangsudah dapat membaca malah tidak ikut membaca, ada yang bermain, ada yangmenggambar, bahkan ada yang membaca buku yang dibawanya. Kelompok yangsungguh-sungguh mengikuti langkah membaca gambar adalah kelompok yang samasekali belum mengenal huruf. Ketika giliran membaca gambar diberikan kepadakelompok yang sudah mengenal huruf, mereka langsung menunjuk ke kartu kata dibawah gambar dan menyebutkan nama huruf pada kartu itu, sedangkan ketikakelompok yang sudah dapat membaca diberi giliran membaca gambar, dua diantaraanak-anak tersebut mengucapkan kata-kata yang tidak terkait dengan gambar, duadiantara anak-anak tersebut mengucapkan kata-kata yang tidak terkait dengan gambar.Bu kita menjadi bingung. Ia memerlukan bantuan untuk mengatasi masalah tersebut.Pertanyaan :a. Identifikasi fakta/informasi yang terkait dengan masalah ini. Tentukan minimallima informasi yang terkait dengan karakteristik/kemampuan anak dan prosespembelajaran MMP yang sedang merisaukan Bu Ritab.Berdasarkan kelima informasi tersebut, rumuskan masalah utama yang dihadapioleh Bu Rita.c. Untuk membantu Bu Rita, susunlah sebuah rencana singkat tindakan kelas (PTK)agar ketiga kelompok siswa dengan kemampuan awal yang berbeda tersebut dapatbelajar bersama-sama. Rencana tersebut minimal mengandung kelompok : (1)masalah, (2) cara pemecahan masalah beserta alasan memilih cara tersebut yangmengacu kepada landasan teori, serta (3) rencana tindakan yang rinci danoperasional
SOAL BAGIAN A
Berikut 5 lebih fakta atau informasi yang didapatkan dari bacaan di atas:
Bu Rita mengakar MMP pada murid kelas 1 Sekolah Dasar.Informasi dan data yang didapatkan Bu Rita kurang akan anak didik yang ia hadapi.Bu Rita belum bisa menguasai kelas dengan baik.Waktu proses belajar Bu Rita terbatas.Total anak 25 dan 3 anak dapat membaca, 15 anak belum dapat membaca namun mengenal huruf, 7 anak tak bisa membaca dan tak mengenal huruf.Bu Rita mengajarkan muridnya dengan beranggapan semua kemampuannya sama.Bu Rita tak menggunakan media pembelajarannya yang disiapkan secara maksimal.Bu Rita tidak menjelaskan bacaan gambarnya pada anak didiknya secara maksimal.Pada waktu mulai membaca gambar, kelompok anak yang sudah dapat membaca malah tidak ikut membaca.Kelompok yang sungguh-sungguh mengikuti kegiatan membaca gambar adalah yang belum mengenal huruf dan belum bisa membaca.Ketika kelompok yang sudah dapat membaca diberi giliran membaca gambar, dua di antara anak ini mengucapkan kata-kata yang tak terkait dengan gambar.SOAL BAGIAN B
Rumusan masalah utama yang dihadapi Bu Rita adalah:
Mengapa Bu Rita mengajarkan muridnya dengan cara yang sama?Bagaimana cara Bu Rita agar dapat menguasai dan mengelola kelas dengan baik?Strategi atau media apa yang tepat digunakan Bu Rita dalam proses pembelajaran di kelas dengan masalah perbedaan kemampuan membaca dengan waktu yang terbatas?SOAL BAGIAN C
RENCANA PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR KELAS 1 SD
Kegiatan Awal
Kegiatan dibuka dengan salam.Apersepsi: mengajukan pertanyaan, mengaitkan materi dengan pelajaran sebelumnya, atau dengan pengalaman siswa sehari-hari.Menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan.Kegiatan Inti
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok yang heterogen di mana dalam 1 kelompok terdiri atas 1 anak yang sudah dapat membaca, 3 anak yang sudah mengenal huruf dan 1 anak yang belum mengenal huruf.Guru mengajak anak-anak menyanyikan lagu ‘A, B, C, D’.Guru memperlihatkan media yang akan ia gunakan yakni kartu bergambar pada anak-anak. Anak bersama-sama diminta menyebutkan satu per satu nama gambar yang ada di kartu lalu guru menempelkan gambar di papan tulis. Guru memilih gambar dengan nama benda yang sederhana terlebih dahulu seperti baju, topi, apel.Guru memberi kartu kata berbeda pada setiap kelompok siswa di mana kelompok yang sudah mendapatkan kartu diminta mencoba membaca kata yang ada.Guru meminta setiap kelompok maju ke depan kelas dan membaca kata pada kartu yang kelompoknya terima.Secara bergiliran, setiap anggota kelompok membaca kata tersebut dengan mula-mula menyebutkan satu per satu hurufnya kemudian dibaca dua huruf lalu dibaca sebagai satu kata.Setelah semua anggota kelompok selesai membaca, kata tersebut ditempelkan pada gambar yang sesuai di papan tulis dan dilanjutkan dengan kelompok berikutnya.Kelompok yang menunggu giliran maju ke depan kelas diberi tugas lain yakni menjodohkan gambar sesuai kata yang tersedia.Kegiatan Penutup
Siswa memberikan teks tertulis dan membahas hasil tes dan memberikan umpan balik.Siswa dan guru melakukan aktivita stanya jawab bersama dan menyimpulkan materi yang dibahas.Kegiatan belajar mengajar ditutup dengan salam.PembahasanSoal di atas tidak ditujukan bagi siswa melainkan untuk mahasiswa. Soal ini berkaitan dengan mata kuliah TAP atau Tugas Akhir Program untuk mahasiswa keguruan (PGRI) di Universitas Terbuka. Salah satu instruksi soal untuk menuliskan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas yang terlalu kompleks untuk dijawab. PTK sendiri secara singkat bisa diartikan sebagai penelitian yang dilaksanakan guru pada kelas-kelas tempat ia mengajar lewat refleksi diri yang bertujuan memperbaiki kinerja dalam proses belajar-mengajar sehingga kemampuan siswa dalam memahami materi meningkat.
Pelajari Lebih LanjutMateri tentang pertanyaan tentang strategi dalam pendidikan https://brainly.co.id/tugas/34229661Materi tentang Apa usulan kegiatan di sekolah agar siswa semakin senang dan semangat dalam belajar https://brainly.co.id/tugas/38334582Materi tentang 10 hak dan kewajiban siswa https://brainly.co.id/tugas/8004861• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
Detail JawabanKelas : SMA
Mapel : Bukan Mata Pelajaran
Bab : -
Kode : -
#AyoBelajar
#SPJ2
4. 1. gagasan yang menjelaskan dan menegaskan gagasan utama dan dinyatakan dalam beberapa kalimat disebut ....2. bacalah teks berikut____________________________(1) Andi merupakan anak yang. sangat rajin belajar. (2) di sekolah. ia banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan. (3) usai sekolah. pun, waktu ia habiskan untuk mengikuti berbagai macam les daripada nongkrong bersama teman-temannya.(4) bahkan di hari libur pun ia terlihat sering membaca buku di pinggir sungai dikutip dari buku siswa kelas 4 SD tema 1____________________________kalimat yang menunjukkan gagasan pendukung terdapat pada nomor...3. bunyi pantul terdengar setelah bunyi asli selesai dibunyikan dan terjadi bila sumber bunyi dan dinding pantul jaraknya jauh disebut ...4. suara petir sangat keras terdengar ke seluruh daerah ketika sedang turun hujan bunyi petir menunjukkan bahwa bunyi bunyi dapat merambat melalui ....5. upacara pembakaran mayat yang disebut ngaben dilaksanakan di provinsi?
Jawaban:
1.ide pokok
2.3 dan 4
3.gaung
4.udara
5. Bali
Penjelasan:
semoga membantu
5. ANAK-ANAK PEDULI LINGKUNGANKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan.Salah satu bagian dalam kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan adalah pengenalan danpengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots Medco Foundationdan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metodemenanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman,pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatanini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat dan memonitor perkembangantanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakansiswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanam tanaman sawi,sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik.Berbagai dokumentasi tentang kegiatan para siswa dalam Avicenna Peduli Lingkungan disajikan.Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Parasiswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melaluilembaran testimoni yang disediakan.1.apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan di atas? 2.tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!
Jawaban:
1.Kesadaran untuk menjaga kelesatarian perlu di mulai sejak masih masa anak anak.
2.Keaadaran untuk menjaga kelestarian perlu dibagikan kepada anak anak sejak usia dini.
Penjelasan:
Semoga membantu♥~
6. 1. Pak Dani merupakan guru kelas V SD Sukamaju. Beliau memiliki kesulitan dalam mengajarkan topik materi pada Tema 2 “Udara Bersih bagi Kesehatan”. Berdasarkan hal tersebut, Pak Dani berinisiatif untuk menyusun media pembelajaran berupa media grafis sehingga dapat membantu siswa dalam menguasai capaian pembelajaran. Diketahui capaian pembelajaran pada pembelajaran Tematik di kelas V SD. IPA : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan, minimal 2 buah organ. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan informasi pada teks cerita anak “Si Kancil dan Buaya”, minimal 2 buah informasi. Buatlah konsep media grafis untuk pembelajaran tematik di atas dengan menggunakan model pengembangan program dan media ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analysis b) Design c) Develop d) Implement e) Evaluate 20 2. Diketahui pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII pada topik materi “Teks Eksplanasi” memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut. 1. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan pengertian teks eksplanasi. 2. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi, minimal 3 buah ciri. 3. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan struktur teks eksplanasi, minimal 3 buah. 4. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan informasi yang diperoleh dari teks eksplanasi, minimal 3 buah informasi. Buatlah sebuah kerangka/outline bahan ajar buku teks berdasarkan informasi di atas yang terdiri dari 3 tahapan: a) Tahap Desain b) Tahap Pengembangan atau Produksi c) Tahap Evaluasi 30 TPEN4205 2 dari 3 3. Pada proses pembelajaran IPA Kelas IX SMP, Bu Nina menggunakan media grafis untuk menjelaskan topik materi “Listrik dan Energi” kepada siswa. Berikut ini media grafis yang digunakan oleh Bu Nina. Sumber : Google Jelaskan bagaimana penerapan prinsip unity pada media grafis di atas berdasarkan aspek: 1) Keterkaitan 2) Kesatuan 10 4. Bu Dinda hendak menggunakan media display dalam bentuk diorama pada pembelajaran tematik di kelas VI SD. Adapun capaian pembelajarannya sebagai berikut. IPS : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menjelaskan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menyebutkan informasi yang terdapat pada teks tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan RI Buatlah sebuah rancangan media diorama berdasarkan capaian pembelajaran yang disusun oleh Bu Dinda di atas yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analisis kebutuhan media diorama b) Desain media diorama c) Pengembangan dan pengadaan medium diorama d) Penggunaan media diorama e) Evaluasi media diorama
Jawaban:
pak Dani menjelaskan sebuah tema 2udara bersih bagi kesehatan
7. pak purwadi adalah seorang guru kelas 4 disebuah SD yang terletak didaerah pegunungan. Dalam mata pelajaran matematika tentang pecahan, pak purwadi menjelaskan cara menjumlahkan pecahan dengan memberi contoh dipapan tulis, salah satu penjelasannya adalah sebagai berikut : PAK PURWADI '' perhatikan anak-anak kalau kita menjumlahkan pecahan penyebut harus disamakan terlebih dahulu kemudian pembilangnya dijumlahkan. perhatikan contoh berikut 1/2+1/4=2/4+1/4=3/4. perhatikan lagi contoh ini :1/2+1/3=3/6+2/6=5/6.jadi yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap, mengerti anak-anak?''Anak-anak diam, mungkin mereka bingung. pak purwadi :pasti sudah jelas, kan.nah sekarang coba kerjakan soal-soal ini''pak purwadi menulis 5 soal dipapan tulis dan anak-anak mengeluarkan buku latihan secara berangsur-angsur mereka mulai mengerjakan soal, namun sebagian besar anak ribut karna tidak tahu cara bagaimana mengerjakannya. hanya beberapa anak yang tampak mengerjakan soal,yang lain itu hanya menulis soal. dan ada pula yang bertengkar dengan temannya,selama anak-anak bekerja pak purwadi duduk didepan kelas sambil membaca. setelah selesai anak-anak diminta saling bertukar hasil pekerjaannya. pak purwadi meminta seorang anak menuliskan jawabannya dipapan tulis. tetapi karna jawaban itu salah, pak purwadi lalu menuliskan semua jawaban dipapan tulis. kemudian anak-anak diminta memeriksa pekerjaan temannya, dan mencocokkan dengan jawaban dipapan tulis. alangkah kecewanya pak purwadi ketika mengetahui bahwa dari 30 anak, hanya seorang yang benar semua, sedangkan seorang lagi benar 3 soal, dan yang lainnya salah semua. identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak purwadi dalam kasus diatas...
Jawaban:
A. 7
B. 1
C. -1
D. -7
Penjelasan:
8. 2. Pak Al mengajar di kelas 1 SD Cerdas yang terletak di Kota Bahagia. Suatu hari Pak Al mengajak anak-anak berbincang-bincang mengenai sayur-sayuran yang banyak dijual di pasar. Anak-anak diminta menyebutkan sayur yang paling disukainya dan menuliskannya di buku masing-masing. Anak-anak kelihatan gembira dan berlomba menyebutkan dan menuliskan sayur yang disukainya. Pada akhir perbincangan Pak Al meminta seorang anak menuliskan nama sayur yang sudah disebutkan, sedangkan anak-anak lain mencocokkan pekerjaannya dengan tulisan di papan. Setelah selesai anak-anak diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang ditulis di papan tulis. Pak Al: "Anak-anak, lihat kata-kata ini. Ini nama sayur-sayuran. Baca baik-baik, buat kalimat dengan kata- kata itu ya." Anak-anak menjawab serentak: "Ya, Pak." Kemudian Pak Al pergi ke mejanya dan memperhatikan apa yang dilakukan anak-anak. Karena tidak seorangpun yang mulai bekerja, Pak Al kelihatan tidak sabar. Pak Al: "Cepat bekerja, dan angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Pak Al dengan suara keras. Anak-anak kelihatan bingung, namun Pak Al diam saja dan tetap duduk di kursinya. Perhatian anak-anak menjadi berkurang, bahkan ada yang mulai mengantuk, dan sebagian mulai bermain- main. Mendengar suara gaduh, Pak Al dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak untuk membacakan kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya kalimat yang akan dibacakan. Pak Al memanggil kembali dengan suara keras agar semua anak membuat kalimat. Anak-anak tampak ketakutan. Karena tidak juga selesai, kemudian Pak Al memberikan PR membuat kalimat kepada anak-anak dan meninggalkan kelas. a. Identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan Pak Al dalam kasus di atas. Berikan alasan mengapa itu Bapak dan Ibu anggap sebagai kelemahan? b. Jika Bapak atau Ibu yang menjadi Pak Al, jelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dibuat. Beri alasan mengapa langkah-langkah itu yang dilaksanakan?
a. Tiga kelemahan yang teridentifikasi dalam pola pembelajaran Pak Al dalam teks bacaan di atas adalah:
1. Tidak menggunakan media pembelajaran
2. Tidak melakukan praktek lapangan
3. Hanya menyuruh tanpa memberi contoh
b. Jika saya menjadi Pak Al, saya akan melakukan langkah-langkah pembelajaran dengan cara membawa anak-anak pergi ke pasar untuk lebih mengenal lingkungan dan melihat langsung sayuran yang menarik minat selera mereka.
Alasannya adalah:
1. Membuat anak-anak melihat langsung dan tahu mana bentuk sayuran yang mereka sukai.
2. Membangun kepedulian mereka terhadap lingkungan dengan melihat kondisi pasar tempat sayuran dijual.
3. Memberikan pengalaman yang berharga untuk anak-anak sambil tetap memberikan rasa senang dan gembira dalam melakukan kegiatan belajar.
Penjelasan:
Langkah-langkah dalam pembelajaran seperti yang terangkum dalam kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
1. Mengamati
2. Mencari pertanyaan
3. Mengumpulkan informasi
4. Menalar
5. Mengkomunikasikan hasil pengamatan berdasarkan informasi terkumpul
Pelajari lebih lanjut mengenai langkah-langkah dalam pembelajaran di sini:
https://brainly.co.id/tugas/11308871
#BelajarBersamaBrainly
9. 1. Pak Al mengajar di kelas 1 SD Cerdas yang terletak di Kota Bahagia. Suatu hari Pak Al mengajak anak-anak berbincang-bincang mengenai sayur-sayuran yang banyak dijual di pasar. Anak-anak diminta menyebutkan sayur yang paling disukainya dan menuliskannya di buku masing-masing. Anak-anak kelihatan gembira dan berlomba menyebutkan dan menuliskan sayur yang disukainya. Pada akhir perbincangan Pak Al meminta seorang anak menuliskan nama sayur yang sudah disebutkan, sedangkan anak-anak lain mencocokkan pekerjaannya dengan tulisan di papan. Setelah selesai anak-anak diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang ditulis di papan tulis. Pak Al: "Anak-anak, lihat kata-kata ini. Ini nama sayur-sayuran. Baca baik-baik, buat kalimat dengan kata- kata itu ya." Anak-anak menjawab serentak: "Ya, Pak." Kemudian Pak Al pergi ke mejanya dan memperhatikan apa yang dilakukan anak-anak. Karena tidak seorangpun yang mulai bekerja, Pak Al kelihatan tidak sabar. Pak Al: "Cepat bekerja, dan angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Pak Al dengan suara keras. Anak-anak kelihatan bingung, namun Pak Al diam saja dan tetap duduk di kursinya. Perhatian anak-anak menjadi berkurang, bahkan ada yang mulai mengantuk, dan sebagian mulai bermain- main. Mendengar suara gaduh, Pak Al dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak untuk membacakan kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya kalimat yang akan dibacakan. Pak Al memanggil kembali dengan suara keras agar semua anak membuat kalimat. Anak-anak tampak ketakutan. Karena tidak juga selesai, kemudian Pak Al memberikan PR membuat kalimat kepada anak-anak dan meninggalkan kelas. a. Identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan Pak Al dalam kasus di atas. Berikan alasan mengapa itu Bapak dan Ibu anggap sebagai kelemahan? b. Jika Bapak atau Ibu yang menjadi Pak Al, jelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dibuat. Beri alasan mengapa langkah-langkah itu yang dilaksanakan?
Jawaban:
semoga benar ya teman teman
10. Bu Endang mengajar di kelas 1 SD Sekarharum yang terletak di ibukota sebuah kecamatan. Suatu hari Bu Endang mengajak anak-anak berbincang-bincang mengenai sayur-sayuran yang banyak dijual di pasar. Anak-anak diminta menyebutkan sayur yang paling disukainya dan menuliskannya di buku masing-masing. Anak-anak kelihatan gembira dan berlomba menyebutkan dan menuliskan sayur yang disukainya. Pada akhir perbincangan Bu Endang meminta seorang anak menuliskan nama sayur yang sudah disebutkan, sedangkan anak-anak lain mencocokkan pekerjaannya dengan tulisan di papan. Setelah selesai anak-anak diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang ditulis di papan tulis. Bu Endang: "Anak-anak, lihat kata-kata ini. Ini nama sayur-sayuran. Baca baik-baik, buat kalimat dengan kata-kata itu ya." Anak-ank menjawab serentak: "Ya, Bu." Kemudian Bu Endang pergi ke mejanya dan memperhatikan apa yang dilakukan anak-anak. Karena tak seorangpun yang mulai bekerja, Bu Endang kelihatan tidak sabar. "Cepat bekerja, dan angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Bu Endang dengan suara keras. Anak-anak kelihatan bingung, namun Bu Endang diam saja dan tetap duduk di kursinya. Perhatian anak-anak menjadi berkurang, bahkan ada yang mulai mengantuk, dan sebagian mulai bermain-main. Mendengar suara gaduh, Bu Endang dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak untuk membacakan kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya kalimat yang akan dibacakan. Bu Endang memanggil kembali dengan suara keras agar semua anak membuat kalimat. Pertanyaan Kasus 1. Bandingkan suasana kelas yang diuraikan pada paragraf 1 dan paragraf selanjutnya, ditinjau dari segi guru, murid, dan kegiatan (skor 5). 2. Pendekatan pembelajaran mana yang sebaiknya diterapkan oleh Bu Endang ketika mengajar tentang sayur-sayuran untuk anak-anak kelas 1? Berikan alasan, mengapa pendekatan tersebut yang anda anggap sesuai. (skor 3). 3. Kembangkan topik sayur-sayuran yang akan anda sajikan dengan pendekatan yang anda sebut pada nomor 2 (skor 5)
Jawaban:
kak minjam poinnya bentar nanti aku kembalikan
11. Bacalah ilustrasi berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5! Bu Nani mengajar di kelas 1 SD Sukamaju. Suatu hari Bu Nani mengajak anak-anak berbincang-bincang mengenai sayur-sayuran yang banyak dijual di pasar. Anak-anak diminta menyebutkan sayur yang paling disukainya dan menuliskannya di buku masing-masing. Anak-anak kelihatan gembira dan berlomba menyebutkan dan menuliskan sayur yang disukainya. Pada akhir perbincangan, Bu Nani meminta seorang anak menuliskan nama sayur yang sudah disebutkan. Setelah selesai, anak-anak diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang ditulis di papan tulis. Bu Nani: "Anak-anak, lihat kata-kata ini. Ini nama sayur-sayuran. Baca baik-baik, buat kalimat dengan kata-kata itu ya." Anak-ank menjawab serentak: "Ya, Bu." Kemudian Bu Nani pergi ke mejanya dan memperhatikan apa yang dilakukan anak-anak. Karena tak seorangpun yang mulai bekerja, Bu Nani kelihatan tidak sabar. "Cepat bekerja dan angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Bu Nani dengan suara keras. Anak-anak kelihatan bingung, namun Bu Nani diam saja dan tetap duduk di kursinya. Perhatian anak-anak menjadi berkurang, bahkan ada yang mulai mengantuk, dan sebagian mulai bermain-main. Mendengar suara gaduh, Bu Nani dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak untuk membacakan kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya kalimat yang akan dibacakan. Bu Nani memanggil kembali dengan suara keras agar semua anak membuat kalimat. Identifikasi kelemahan dalam pembelajaran yang dilakukan Bu Nani dalam kasus di atas. Berikan alasan mengapa itu Anda anggap sebagai kelemahan! Jika anda yang menjadi Bu Nani, jelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan Anda tempuh untuk mengajarkan membuat kalimat. Beri alasan mengapa langkah-langkah itu yang Anda tempuh!
Jawaban:
mengajarkan sampai bisa membuat kalimat
maaf kalo salah
12. Assalamualaikum....Anak kelas 6.ASelamat pagi dan Semangat pagi....*Salam Olahraga* Sebelum Bpk,memberikan tugas PJOk pada hari ini kalian membaca terlebih dahulu buku pjok halaman 28 sd 33. Baru kemudian tugas kalian ?*Menuliskan diskripsi tentang PERMAINAN BOLA KECIL ( PERNAINAN KASTI) seperti pada materi pembelajaran yang sudah kalian baca. Diantaranya sebagai berikut:**1. Menjelaskan singkat tentang permainan kasti, dan Bentuk Lapangan**2.Menuliskan 4 Macam-macam teknik permainan kasti**3.Menjelaskan tentang peraturan permainan kasti**4. Sebutkan dan jelaskan macam2 teknik dasar melempar bola kasti adalah**5. Sebitkan 3 cara memukul bola*Selamat mengerjakan....*Salam olahraga* Wassalamu'alaikum...wr.wb
liatin bola kalau bola kearah anda maka pukul
sorry klo salah
13. Ayo Membaca3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah teks berikut!Anak-Anak Peduli LingkunganKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan”.Bagi SD Avicenna Jagakarsa, kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan" merupakanbagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut. Guna membentuk makhluk sosial yangpeduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Demikian juga bagi MedcoFoundation. Organisasi sosial ini mempunyai misi dan kegiatan-kegiatan di bidanglingkungan untuk masyarakat.Salah satu bagian dalam kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" adalah pengenalandan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots MedcoFoundation dan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagaimedia tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot,perawatan tanaman, pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswayang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat danmemonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Merekamerupakan siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanamtanaman sawi. Sementara untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot denganmetode hidroponik. Rangkaian kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" yang dimulai sejak30 Oktober 2014 ini dipamerkan kepada para orang tua murid dalam acara "Workshop SDAvicennba Jagakarsa", 13 Desember 2014 lalu. Berbagai dokumentasi tentang kegiatanpara siswa dalam "Avicenna Peduli Lingkungan" disajikan. Anak-anak juga saling unjukkreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Para siswa dan gurupembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaranAyo Berlatih3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah kembali bacaan tersebut dengan saksama! Kemudian, jawablah pertanyaanberikut ini!1. Apa judul teks bacaan di atas?Jawab:2. Sebutkan kata kunci dalam teks bacaan di atas!Jawab:3. Apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan?Jawab:4. Tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!Jawab:
Jawaban:
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Penjajahan merupakan peristiwa yang menyedihkan karena rakyat yang dijajah mengalami ….
a. Pendidikan
b. Penindasan
c. Petualangan
d. Perjuangan
2. Dahulu banyak bangsa Eropa yang ingin menguasai Indonesia, antara lain dikarenakan ….
a. Indonesia mempunyai laut yang luas
b. Indonesia memiliki banyak harta karun di laut
c. Indonesia memiliki teknologi yang maju
d. Indonesia kaya akan rempah-rempah
3. Bangsa-bangsa di bawah ini pernah menjajah Indonesia, kecuali ….
a. Portugis
b. Belanda
c. Perancis
d. Jepang
4. Kedatangan bangsa-bangsa eropa ke Indonesia pada awalnya untuk ….
a. Berdagang
b. Penelitian
c. Mengabdi
d. Mencari kerja
5. Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596 yang mendarat di Banten dipimpin oleh ….
a. Cornelis de Houtman
b. Vasso Da Gama
c. Pieter Both
d. Jan Pieterszoon
6. Daerah Maluku menjadi daya tarik bangsa Portugis untuk dikuasai, karena daerah tersebut merupakan penghasil ….
a. Tebu dan kopi
b. Emas dan perak
c. Cendana dan Jati
d. Cengkih dan Pala
7. Latar belakang bangsa-bangsa eropa ke Indonesia memiliki semboyan 3G, yaitu ….
a. God, Globe, Glory
b. Gold, Gospel, Glory
c. God, Gospel, Glory
d. God, Gold, Gospel
8. Penjajahan harus dihapuskan di dunia karena ….
a. Menyengsarakan rakyat
b. Membuat banyak negara baru
c. Menimbulkan budaya modern
d. Membuat negara yang dijajah cepat kaya
9. Benda-benda di bumi ini digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan sifatnya yaitu ….
a. Padat, angin dan panas
b. Padat, cair dan gas
c. Cair, beku dan uap
d. Padat, uap dan air
10. Benda yang memiliki sifat tidak mudah berubah bentuk jika dipindahkan adalah benda ….
a. Padat
b. Cair
c. Panas
d. Uap
11. Benda cair akan memiliki bentuk sesuai dengan ….
a. Warnanya
b. Rasanya
c. Wadahnya
d. Volumenya
12. Benda cair bisa merambat melalui serat-serat halus seperti pada benda yang berbahan ….
a. Besi
b. Emas
c. Kain
d. Kaca
13. Di bawah ini yang termasuk benda gas adalah ….
a. Oksigen
b. Detergen
c. Agar-agar
d. Bensin
14. Balon yang ditiup akan mengembang lebih besar, hal ini menandakan bahwa benda gas ….
a. Tidak dapat berubah bentuk
b. Hanya bisa berada dalam balon
c. Dapat menempati ruang
d. Bertambah banyak jika ditiup
15. Sistem tanam paksa yang diberlakukan Belanda pada rakyat Indonesia dinamakan ….
a. Rodi
b. Romusa
c. Land-Rente
d. Cultuurstelsel
16. Pemerintahan kolonial Inggris mengangkat Thomas Stamford Rafles sebagai Letnan Gubernur di Indonesia, kedmuan ia membuat kebijakan bahwa setiap tanah adalah milik negara. Sehingga setiap rakyat diharuskan untuk ….
a. Menjual sawahnya
b. Membayar pajak
c. Bercocok tanam
d. Membeli tanah
17. Berikut ini yang merupakan peristiwa membeku adalah ….
a. Perubahan kapur barus yang lama-lama menghilang
b. Air yang menguap karena dipanaskan
c. Air yang menjadi es di dalam kulkas
d. Mentega yang meleleh di atas wajan
18. Proses perubahan benda cair menjadi gas dinamakan ….
a. Menyublim
b. Menguap
c. Membeku
d. Mengembun
19. Santi mempunyai es krim, ia lupa meletakkannya di atas meja. Setelah berapa lama es krim tersebut sudah lumer dan meleleh. Hal ini termasuk peristiwa ….
a. Membeku
b. Menyublim
c. Mencair
d. Menguap
20. Salah satu tokoh Belanda yang menentang adanya tanam paksa adalah ….
a. Van Den Bosch
b. Herman W. Daendels
c. Douwes Dekker
d. Jan Pieterszoon
21. Sultan Ali Mughayat Syah adalah salah satu tokoh yang berhasil membebaskan rakyat dari usaha penguasaan bangsa Portugis di daerah ….
a. Banten
b. Cirebon
c. Tidore
d. Aceh
22. Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya sebuah organisasi di awal pergerakan nasional yaitu organisasi ….
a. Perhimpunan Indonesia
b. Sarekat Islam
c. Indische Partij
d. Budi Utomo
23. Hal-hal berikut ini merupakan faktor internal adanya pergerakan nasional yang dilakukan rakyat Indonesia, kecuali ….
a. Kemenangan Jepang atas Rusia
b. Lahirnya golongan pelajar
c. Kesengsaraan rakyat yang berkepanjangan
d. Sejarah gemilang di masa lampau
24. Peristiwa sumpah pemuda terjadi pada tanggal ….
a. 27 Nopember 1908
b. 20 Mei 1908
c. 28 Oktober 1928
d. 17 Agustus 1945
25. Di bawah ini yang bukan merupakan isi dari sumpah pemuda adalah ….
a. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
b. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bernegara yang sama, negara Indonesia
c. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui berbangsa satu, bangsa Indonesia
d. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Bangsa Eropa pertama yang menjajah Indonesia adalah ….
14. Bu Nurdiana mengajar di kelas 6 SD. Suatu pagi, Bu Nurdiana masuk kelas dengan membawa sebuah globe. Perhatian anak-anak tertuju kepada globe tersebut, namun Bu Nurdiana hanya menaruh globe itu di depan kelas. Setelah mengucapkan salam dan menanyakan siapa yang tidak hadir, Bu Nurdiana menyampaikan bahwa hari ini dalam pelajaran IPA akan dibahas tata surya dengan topik terjadinya siang dan malam. Bu Nurdiana juga menyampaikan bahwa setelah pelajaran usai, anak-anak diharapkan dapat menjelaskan tentang terjadinya siang dan malam. Tanpa memberi kesempatan bertanya, Bu Nurdiana melanjutkan pelajaran. Sambil berdiri di depan kelas, Bu Nurdiana menjelaskan terjadinya siang dan malam. Anak-anak meliat ke Bu Nurdiana dengan penuh tanda tanya. Dengan lancar Bu Nurdiana menjelaskan bahwa siang dan malam terjadi karena bumi berputar pada porosnya sendiri. Anak-anak kelihatan mulai bosan, mereka seperti masih menunggu Bu Nurdiana menggunakan globe yang di pajang di depan kelas, namun sampai pelajaran berakhir globe itu tidak pernah disentuh. Setelah penjelasan selesai, Bu Nurdiana memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, namun tidak ada siswa yang bertanya. Bu Nurdiana langsung menyimpulkan bahwa anak-anak sudah mengerti apa yang dijelaskannnya tadi. Bu Nurdiana kemudian meminta anak-anak mengeluarkan buku latihan dan mengerjakan soal-soal yang terdiri dari 10 pertanyaan yang ditulis di papan tulis. Ketika anak-anak bekerja, Bu Nurdiana keluar kelas. Anak-anak kelihatan bingung karena tidak mengerti bagaimana harus menjawab soal tersebut. Mereka akhirnya membuka buku IPA dan mencoba mencari jawabannya di sana. Namun banyak anak yang malas membaca, sehingga mereka sama sekali tidak menjawab. Ketika Bu Nurdiana masuk kelas dan bertanya apakah anak-anak sudah selesai mengerjakan soal tersebut, ia menjadi marah karena hanya 5 orang dari 30 siswa yang selesai mengerjakan soal tersebut. Anak yang lima orang tersebut hanya menyalin dari buku IPA, tanpa meyakini apakah jawabannya benar atau salah, sedangkan anak-anak yang lain mengatakan tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut karena tidak mengerti. Bu Nurdiana terdiam, ia sangat marah dan kecewa, tetapi mencoba menahan amarahnya. Ia meminta anak-anak beristirahat. Bu Nurdiana tinggal sendiri di dalam kelas. Ia mencoba mengingat-ingat apa yang terjadi di kelasnya. Pertanyaan: a. Identifikasilah 4 peristiwa penting yang terjadi dalam kasus pembelajaran yang dikelola oleh Bu Nurdiana, yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah: b. Pada akhir pelajaran, Bu Nurdiana mencoba mengingat-ingat apa yang terjadi sehingga anak-anak tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikannya. Buatlah 5 pertanyaan yang akan membantu Bu Nurdiana menemukan penyebab terjadinya masalah tersebut. c. Jika anda yang menjadi Bu Nurdiana, bagaimana cara anda mengatasi masalah gagalnya anak-anak menjawab pertanyaan Bu Nurdiana? Susunlah suatu rencana perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang rencananya mencakup: (1) Identifikasi masalah, (2) Analisis masalah (maksimum 4 butir), (3) rumusan masalah, (4) Tujuan perbaikan.
Jawaban:
(1)dan(3)
Penjelasan:
maaf kalo salah
15. Bu Nurlina mengajar di kelas 1 SD Sekarharum yang terletak di ibukota sebuah kecamatan. Suatu hari Bu Nurlina mengajak anak-anak berbincang-bincang mengenai sayursayuran yang banyak dijual di pasar. Anak-anak diminta menyebutkan sayur yang paling disukainya dan menuliskannya di buku masing-masing. Anak-anak kelihatan gembira dan berlomba menyebutkan dan menuliskan sayur yang disukainya. Pada akhir perbincangan Bu Nurlina meminta seorang anak menuliskan nama sayur yang sudah disebutkan, sedangkan anak-anak lain mencocokkan pekerjaannya dengan tulisan di papan. Setelah selesai anak-anak diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang ditulis di papan tulis. Bu Nurlina: "Anak-anak, lihat kata-kata ini. Ini nama sayur-sayuran. Baca baik-baik, buat kalimat dengan kata-kata itu ya." Anak-ank menjawab serentak: "Ya, Bu." Kemudian Bu Nurlina pergi ke mejanya dan memperhatikan apa yang dilakukan anakanak. Karena tak seorangpun yang mulai bekerja, Bu Nurlina kelihatan tidak sabar."Cepat bekerja, dan angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Bu Nurlina dengan suara keras. Anak-anak kelihatan bingung, namun Bu Nurlina diam saja dan tetap duduk di kursinya. Perhatian anak-anak menjadi berkurang, bahkan ada yang mulai mengantuk, dan sebagian mulai bermain-main. Mendengar suara gaduh, Bu Nurlina dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak untuk membacakan kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya kalimat yang akan dibacakan. Bu Nurlina memanggil kembali dengan suara keras agar semua anak membuat kalimat. Pertanyaan: 1. Tuliskan 2 kelebihan proses pembelajaran Bu Nurlina. 2. Tuliskan 2 kelemahan proses pembelajaran Bu Nurlina.
Jawaban:
1.buk nurlina bersabar mengajarkan anak anak kelas 1 sd
buk nurlina tidak membentak anak anak
2.anak anak kurang faham
anak anak akan mengira suara buk nurlina marah padahal suaranya memang keras
Post a Comment for "Buku Belajar Membaca Anak Sd Kelas 1"