Sk Tim Pelaksana Supervisi Akademik
komponen-komponen yang ada dalam program supervisi akademik
1. komponen-komponen yang ada dalam program supervisi akademik
pinter sopan baik rajin
2. sebutka prinsif-prinsip supervisi akademik
Kalok gc salh perinsip supervisi akademik harus demokratis, objektif, komprehensif, konstruktif
3. bagaimana hub supervisi akademik dgn proses pembelajarab berkualitas
Hubungan mereka saat ini masih baik baik saja ...karena pada dasarnya mereka saling mencintai
4. apa solusi yang dilakukan kepala sekolah atau supervisor apabila program supervisi tidak terlaksana sesuai dengan jadwalnya?
Melakukan program supervisi susulan. Semoga bermanfaat. progam supervisi kembali
maaf klo salah
5. melakukan supervisi kepada perawat anda sebagai kepala ruang merupakan pelaksanaan fungsi manager dalam?
Jawaban:
-Membantu perawat lain mencapai tujuan yang ditentukan.
-Mengarahkan kegiatan-kegiatan keperawatan.
-Bertanggung jawab atas tindakan keperawatan yang dilakukan.
-Pelaksanaan keperawatan sebagai standar.
Penjelasan:
semoga membantu
maaf kalo salah
6. mengapa kepala sekolah melaksanakan superfisik akademik
1.untuk memahami konsep
2.membimbing guru dalam menyusun silabus
7. Tentukan program kegiatan yang harus dilakukan pertama kali sebelum program kegiatan lain dilaksanakanSelect one:A. Koordinasi pelaksanaan OJT II Penyempurnaan RTP jadi Program PengawasanB. Pelaksanaan: Supervisi Akademik (Klinis)C. Pelaksanaan Pemantauan 8 SNPD. Penyempurnaan RTP jadi Program Pengawasan
Jawaban:
berkumpul bersama teman-teman
8. buatlah 2 pertanyaan dengan materi :Orientasi pelaksanaan supervisi pengajaran yg bersifat ilmia.
Jawaban:
Tolong anda sebutkan Jenis-Jenis Supervisi Pembelajaran?
1. Pendekatan Scientific (ilmiah). Pendekatan ini merupakan warisan era kejayaan gerakan manajemen ilmiah.
2. Pendekatan Artistic (Artistik). Pendekatan ini merupakan wujud jawaban atas ketidakpuasan terhadap pendekatan ilmiah.
3. Pendekatan Clinis (Klinis). Pendekatan ini diangkat dari model hubungan dokter pasien, sehingga didalamnya terdapat konsep diagnosis-terapi dalam melaksanakan supervisi pengajaran.
Tolong anda jelaskan Ciri-ciri dan Karakteristik Supervisi dengan Pendekatan ilmiah?
Ciri utama dari supervisi dengan pendekatan ilmian (science) adalah rasional dan empirik. Menurut Sahertian (2000:36) supervisi pengajaran yang bersifat ilmiah bercirikan hal-hal:
(1) dilaksanakan secara berencana dan berkesinambungan.
(2) sistematis serta menggunakan prosedur dan teknik tertentu.
(3) menggunakan instrumen pengumpulan data; dan.
(4) ada data objektif yang diperoleh dari keadaan yang riil.
Penjelasan:
Semoga bermanfaat & membantu
1. Kita akan mengerjakan orientasi tentang apa?
2. Bersifat apakah orientasi tersebut?
9. Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi .... a. Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru. b. Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru. c. Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru. d. Silabus, rencana pembelajaran, penilaian guru. Jelaskan:
Jawaban:
A.
Penjelasan:
maaf kalo salah
semoga membantu
10. Sebutkan prosedur pelaksanaan supervisi pembelajaran Profesional Guru yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah?
Jawaban : dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.
Sebelum melakukan supervisi terhadap guru, seorang kepala sekolah wajib membuat program supervisi terlebih dahulu. dari program supervisi tersebut, kepala sekolah akan menjadwalkan aap dan siapa yang akan disupervisi. Supervisi diawali dengan pengamatan, dan supervisi terdiridari supervisi administrasi pembelajaran, supervisi proses pembelajaran, dan supervisi penilaian.
11. Contoh pertanyaan wawancara untuk kepala sekolah ke dalam 5w+1h tema perencanaan supervisi akademik
Jawaban:
1)apa yg sekolah bpk lakukan jk ada murid yg telat membayar buku, ataupun spp?
2)lalu mengapa bpk memilih opsi tersebut?
3)bagaimana cara bpk agar opsi tersebut berjalan dgn lancar?
4)siapa yg akn melaksanakan rencana tersebut?
5)kapan rencana tersebut akan dilaksanakan?
6)dan dikelas manasaja kah?
12. . Jelaskan pendapat anda, mengapa supervisi pendidikan sangat penting dilaksanakan di setiap lembaga pendidikan.
Jawaban:
terlihat' mudah dan efisien
Penjelasan:
Karna dengan adanya supervisi pendidikan maka akan memudahkan pelajar dan mahasiswa yang akan melaksanakan sistem pembelajaran.
13. supervisi pelaksanaan kurikulum
2. Bidang Kegiatan Supervisi KurikulumBidang kegiatan utama supervisi kurikulum adalah membantu dan membimbing atau mengarahkan atau menggerakkan guru-guru untuk meningkatkan mutu kemampuan profesionalnya sehubungan dengan pelaksanaan kurikulum, diharapkan guru-guru menyadari kelemahan dan kekurangan, baik berkat rangsangan dari supervisor maupun berkat pemahaman diri sendiri.a. Pengertian Kemampuan Profesional GuruGuru adalah suatu pekerjaan profesional, yang menuntut persyaratan keahlian dalam bidang pendidikan. Dengan keahliannya itu, guru dapat mengabdikan dirinya berdasarkan hati nuraninyasendiri terhadap kepentingan masyarakat. Konsep berpikir ini sejalan dengan pandangan Prof. Dr. Sikun Pribadi yang mengemukakan, bahwa profesi itu hakikatnya ialah suatu pertanyaan atau suatu janji yang terbuka, bahwa seorang akan mengabdikan dirinya kepada suatu jabatan terbuka atau pekerjaan dalam arti biasa, karena orang tersebut merasa terpanggil untuk pengabdian sepenuh hati sesuai dengan etika yang dianut dalam profesi kependidikan.Pekerjaan profesional dapat diselenggarakan dengan baik dan berhasil, jika guru memilki kemampuan-kemampuan yang sesuai dengan tuntutan tugas dan perannya. Pengertian kemampuan (competency) Jhonson dalam hal ini merumuskan sebagai berikut: A competency as rational performance which satisfactirily meets the objectives for a desired condition. Rasional berarti sipelaku mempunyai arah dan tujuan tertentu setelah melalui berbagai pertimbangan. Performance berarti tingkah laku, baik dapat diamati maupun tidak dapat diamati. Satisfactorily berarti kemampuan itu kuat dan memadai untuk mencapai tujuan. Objectives berarti kemampuan sesuatu yang menunjukkan pada hasil-hasil yang diharapkan. A desired condition berarti keadaan dimana tingkah laku itu diinginkan. Keberhasilan pelaksanaan tugas dan peranan guru banyak ditentuka oleh faktor kemampuan yang dimilikinya. Karena itu guru harus mampu melaksanakantanggung jawab untuk mengembangkan kognitif siswa, yang berkenaan dengan perkembangan intelektualnya; tanggung jawab mengembangkan hubungan sosial para siswa, dan tanggung jawab mengembangkan aspek kepribadian siswa khususnya yang berkenaan dengan perkembangan emosional. Pelaksanaan tanggung jawab ini membutuhkan kemampuan profesional yakni yang berkenaan dengan kemampuan dalam proses belajar-mengajar. Kemampuan sosial berkenaan dengan hubungan kemampuan berkomunikasi dan membina. Hubungan sosial dengan para siswa, dan kemampuan ini penting maknanya kepribadian terutama aspek sikap dan nilai, yang berfungsi membantu pelaksanaan pengajaran, bahkan merupakan salah satu komponen dalam kemampuan profesional itu.Kemampuan profesional ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria: (1) kognitif yakin penguasaan pengetahuan atau intelektual; (2) performance yang berkenaan dengan kemampuan untuk kerja (perbuatan); (3) efektif yang berkenaan dengan aspek kepribadian atau sikap dan nilai; (4) produk yang berkenaan dengan hasil belajar siswa; dan (5) eksploratoris yang berkenaan dengan pengalaman-pengalaman khusus aspek kognitif meliputi penguasaan pengetahuan materi/spesialisasi pelajaran tertentu yang akan diajarkan.Penguasaan konsep, prinsip dan strategi mengajar dan belajar. Aspek performance merupakan perilaku yang dapat diamati dan diatur yang harus dirumuskan secara khusus, aspek efektif meliputi sikap-sikap, minat, penghargaan, dan nilai-nilai yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar kendatipun sulit merumuskan secara spesifik karena bersifat ekspresif.Aspek produk adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mendapat pengajaran dari guru. Perubahan tingkah laku hakikatnya merupakan indikator kemampuan profesional guru bersangkutan, aspek eksploratoris adalah pengalaman khusus di luar sekolah, misalnya tentang masyarakat di sekitar sekolah, tentang sekolah lain, dan sebagainya.b. Bentuk Kegiatan Supervisi KurikulumUraian diatas menunjukkan, kompleksnya kemampuan guru sebagai tenaga profesional kependidikan. Semua kemapuan guru seyogianya mendapat perhatian dari supervisor (Penilik atau Pengawas), namun beberapa diantaranya khususnya yang bertalian dengan pelaksanaan kurikulum, yang perlu mendapat perhatian dengan seksama, yakni kemampuan-kemampuan, sebagai berikut:1) Kemampuan melaksanakan kurikulum yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar-mengajar.2) Kemampuan memilih dan menggunakan material kurikulum, khususnya yang berkenaan dengan media intruksional dan bahan-bahan belajar.3) Kemampuan memberikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa dengan mempehatikan perilaku awal, kemampuan, bakat, minat, dan sebagainya.4) Kemampuan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang tentunya mencakup juga kegiatan ko kurikuler.5) Kemampuan memecahkan masalah-masalah khusus, misalnya dispilin kelas dan masalah sosial lainnya.
14. Kumpulan pertanyaan supervisi pelaksanaan kurikulum
Kontooooolll lah, pake nanya lagi. Ngah lah bercanda Bro, CLASSMEETING JAWABANNYA, Maaf Jika ada salah
15. Menurut análisis anda supervisi apa yang harus dilakukan pada sekolah yang belum pernah dilakukan supervisi
Jawaban:
Supervisi guru saat pembelajaran di kelas apakah masih terprogram dan rutin dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan saat ini?Atau hanya simbol administrasi memenuhi syarat akreditasi.
Sementara peningkatan mutu pendidikan secara nasional di Indonesia setiap tahun belum menunjukkan hasil maksimal merata bagi setiap satuan pendidikan. Satuan pendidikan belum menunjukan kualitas proses pembelajaran bagi siswa di kelas sehingga hasilnya selalu membuat masyarakat menggerutu.
Pihak Kementrian Pendidikan,Pemerintah Daerah,Dinas Pendidikan,Pemerhati bertanya mengapa mutu pendidikan demikian.Mari kita tengoklah ke dalam sebelum bicara. Pasti ada cambuk yang senantiasa mempengaruhinya.Supervisi atau pengawasan langsung di kelas berjalan atau tidak oleh kepala sekolahnya.
Mengikuti informasi melalui media cetak dan eletronik banyak memuat berbagai persoalan kepala sekolah dan pengawas satuan pendidikan kurang optimal melaksanakan supervisi kelas bagi setiap guru mata pelajaran dari TKK,SD,SMP,DAN SMU.
maaf jika salah
Post a Comment for "Sk Tim Pelaksana Supervisi Akademik"