Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rpp Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kurikulum 2013


Rpp Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kurikulum 2013

RPP KURIKULUM 2013 TENTANG DAYA HANTAR LISTRIK LARUTAN

1. RPP KURIKULUM 2013 TENTANG DAYA HANTAR LISTRIK LARUTAN


Berdasarkan sifat daya hantar listriknya,larutan dibedakan menjadi "larutan elektrolit" dan "larutan nonelektrolit".Untuk mengetahui apakah suatu larutan termasuk larutan nonelektrolit atau elektrolit,digunakan alat yang disebut alat uji elektrolit.Untuk membuat sendiri alat uji elektrolit,dapat digunakan batang karbon yang terdapat pada bagian dalam batu baterai baru.Sebagai sumber arusnya.

2. Apa perbedaan jurusan SMK teknik instalasi tenaga listrik dengan teknik jaringan tenaga listrik


Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Perencanaan dan Pemasangan Instalasi Penerangan dan Tenaga; Pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan kendali Elektromekanik, Elektronik dan PLC (Programable Logic Controller) bertugas merawat dan memperbaiki Alat Rumah Tangga Listrik dan Teknik Pendingin, serta menggulung ulang motor listrik; agar lulusannya dapat bekerja, baik secara mandiri maupun di dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah. Sedangkan teknik jaringan tenaga listrik mempelajari tentang Penerangan Listrik, Instalasi tenaga Listrik, pemasangan instalasi dan jaringan distribusi listrik, Repair dan Maintenance peralatan listrik tegangan tinggi, seperti trafo, motor listrik, KWH, meter.

Pembahasan

Teknik InstalasiTenaga Listrik adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan kendali elektromekanik, elektronik dan PLC (Programable Logic Controller).

Peluang Kerja Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yaitu :

Perusahaan Pembangkit Listrik.Operator Listrik.Teknisi Listrik.Konsultan Kelistrikan.Petugas Pemasangan Dan Pemeliharaan Kabel.

Jaringan Transmisi Tenaga Listrik yaitujurusan yang mempelajari Sistem Penyaluran Tenaga Listrik, Saluran Udara Tegangan Tinggi, dan Sistem Pembumian. Lulusan Program Studi Teknik Tenaga Listrik dapat bekerja di bidang pembangkitan, transmisi, distribusi dan pemanfaatan tenaga listrik sebagai perancang, peneliti, insinyur operasi dan pemeliharaan sistem dan peralatan tenaga listrik di instansi pemerintahan dan berbagai industri ketenagalistrikan.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang nama nama pendidikan formal dan informal dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/65528Materi tentang tekhnik jaringan dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/7008602Materi tentang  jaringan komputer dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/2497411

Detail jawaban

Kelas: SMA

Mata pelajaran: IT

Bab: -

Kode : -

#AyoBelajar

#SPJ2


3. apa yg dimaksud dengan teknik instalasi tenaga listrik?


Suatu teknik yang mahir/ahlu dalam segala urusan instalasi tenaga listrik.

4. Buatlah rpp untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 dari suatu tema atau sub tema pembelajaran


menggunakan pendekatan saintifik. model pembelajaran inkuiri terbimbing

Penjelasan:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Materi Pokok : Biologi

Kelas/semester : XI / 2

Materi Pokok : Sistem Regulasi Manusia

Sub Materi : Struktur dan fungsi dari bagian-bagian alat indera

Alokasi waktu : 2 x 30 Menit

KOMPETENSI INTI

Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.

KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).

INDIKATOR

Menyebutkan daerah pengecapan rasa pada lidah

Menyebutkan bagian yang menyusun indra pembau.

Menghubungkan fungsi indra pembau dengan indra pengecap

Membuat kesimpulan hasil praktikum

TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menyebutkan daerah pengecapan rasa pada lidah setelah berdiskusi dengan teman kelompoknya

Siswa dapat menyebutkan bagian yang menyusun indra pembau setelah berdiskusi dengan teman kelompoknya

Siswa dapat menghubungkan fungsi indra pembau dengan indra pengecap setelah melakukan praktikum indra pembau dan pengecap.

Siswa dapat membuat kesimpulan setelah melakukan praktikum indera pembau dan pengecap.

MATERI POKOK

Daerah pengecapan macam-macam rasa pada lidah manusia:

Rasa pahit : bagian pangkal lidah

Rasa asam : bagian pinggir lidah

Rasa manis : bagian ujung depan lidah

Rasa asin : bagian ujung lidah samping

Struktur indera pembau terdiri dari sel penyokong yang berupa sel epitel dan sel pembau yang berupa neuron sebagai reseptor.

Reseptor pembau dan pengecap saling berhubungan dan bekerja sama. Indra pembau atau pencium menerima stimulus berupa gas, sedangkan indra pengecap menerima stimulus berupa cairan.

METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN

Metode : Praktikum, diskusi, tanya jawab

Model Pembelajaran : Inkuiri

Pendekatan : Saintifik


5. perlengkapan pendukung instalasi tenaga listrik​


Jawaban:

kabelmeteranbahan coba lampuarus listrikfiber optik serabutkawat tembagatimahfase dereo

6. bahasa inggris jurusan smk apa ya ? Teknik Kendaraan Ringan Teknik Pemesinan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Teknik Komputer dan jaringan


Jawaban:

Technical light vehicle

Machining Techniques

Electric Power Installation Techniques

Computer and Network Engineering

Maaf kalo salah :)


7. rpp kurikulum 2013 kelas XI KD 3.1 dan 3.4 biologi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

                                                    

Sekolah                           : -

Mata Pelajaran                : Biologi

Kelas / Semester            : XI MIA /  Ganjil (1) ( KD 3.1 dan 4.1

Materi Pokok                  : Sel

Alokasi Waktu                 : 4 x 2 JP

 

A.Kompetensi Inti           : 

1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli

    (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan proaktif dan menunjukan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat

    dan minatnya untuk memecahkan masalah

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari  yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 B. Kompetensi Dasar dan Indikator        :

1.1 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan 

    mengamati bioproses.

2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,

   tanggung jawab, dan  peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan   

   santun dalam mengajukan pertanyaan  dan berargumentasi, peduli

   lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai,  berpendapat

   secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap

   tindakan   dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam

   kelas/laboratorium maupun di  luar kelas/laboratorium.

3.1 Memahami  tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang   ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1      Mengidentifikasi komponen kimiawi penyusun sel sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.2     Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.3     Mengidentifikasi ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh struktur sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.4     Menjelaskan  ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh struktur sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.5     Mengidentifikasi ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh fungsi sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.6     Menjelaskan  ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh fungsi sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.7     Mengidentifikasi ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

3.1.8     Menjelaskan ciri hidup pada sel yang ditunjuk oleh proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

4.1 Menyajikan model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

4.1.1      menyalin contoh gambar sel sebagai unit terkecil kehidupan

4.1.2     membuat gambar sel sebagai unit terkecil kehidupan

4.1.3     Menyajikan gambar sel sebagai unit terkecil kehidupan



8. Jelaskan perbedaan antara instalasi tenaga listrik dan instalasi penerangan listrik????


Perbedaan antara instalasi tenaga listrik dan instalasi penerangan listrik adalah

Instalasi penerangan: instalasi listrik pada suatu bangunan agar instalasi tersebut bermanfaat untuk penggunaanya.Instalasi tenaga listrik: suatu instalasi listrik yang digunakan untuk memanfaatkan listrik diubah menjadi energi mekanik. Penjelasan

Instalasi  listrik adalah pemasangan bagian-bagian peralatan listrik untuk melayani pengubahan energi listrik menjadi energi mekanik dan kimia. Instalasi listrik yang lebih baik adalah instalasi yang aman bagi manusia dan akrab dengan lingkungan sekitarnya. Teknik instalasi listrik adalah studi tentang perencanaan dan pemasangan sistem penerangan, instalasi listrik dan pengoperasian motor listrik dengan kontrol elektromekanis, elektronik dan PLC (Programmable Logic Controller). Instalasi  listrik adalah pemasangan bagian-bagian peralatan listrik untuk melayani pengubahan energi listrik menjadi energi mekanik dan kimia. Instalasi  listrik adalah pemasangan bagian-bagian peralatan listrik untuk melayani pengubahan energi listrik menjadi energi mekanik dan kimia. Instalasi listrik yang lebih baik adalah instalasi yang aman bagi manusia dan akrab dengan lingkungan sekitarnya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang urutan pemasangan instalasi listrik: https://brainly.co.id/tugas/14910480

#BelajarBersamaBrainly


9. saya mau minta RPP fisika smk kurikulum 2013


langsung saja minta tentang rppfisika sk kurikulum 2013


..................................????

10. contoh RPP Kelas 8 kurikulum 2013


rpp apa an sih tu maksud nya buku

11. apa yg dimaksud dengan teknik instalasi tenaga listrik?​


Jawaban:

Teknik Listrik (Teknik Elektro) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik dalam skala besar seperti pada industri dan mesin-mesin.


12. rpp bahasa inggris peminatan sma kelas xi kurikulum 2013 materi conditional clause


Materi Pokok Three types of conditional sentences•Type I: Real ConditionalExample: The Dog will bite you if you disturb it.•Type II: Present Unreal ConditionalExample: If I had money, I would buy the shoes.Fact: I don’t have money, so I don’t buy the shoes.•Type III: Past Unreal ConditionalExample: They would have been there on time if they had caught the earlier  busIf – simple present, present future tenseIf – simple past, past future tenseIf – past perfect, past future perfect

13. Tuliskan contoh peluang usaha di bidang usaha barang dan jasa yang berkaitan dengan teknik instalasi tenaga listrik ​


Jawaban:

Contoh peluang usahanya yaitu :

Pembangunan dan pemasangan instalasi tenaga listrik

Pemeriksaan dan pengujian instalasi tenaga listrik

Pengoperasian instalasi tenaga listrik

Pemeliharaan instalasi tenaga listrik

Penelitian dan pengembangan tenaga listrik

--> Semoga membantu


14. buat rpp kurikulum 2013 kelas 1 tema diriku sub tema aku dan teman baru


-Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
-Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
-Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
-.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

15. Mengapa kabel hantaran utama harus memakai ukuran kabel yang lebih besar???? Ini pelajaran praktikum teknik instalasi tenaga listrik


karena arus listrik mempunyai satuan kuat arus yang disebut ampere...semakin besar ampere maka kabel yg di pakai makin besar agar kabel tidak menimbulkan panas (meleleh).

Video Terkait


Post a Comment for "Rpp Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kurikulum 2013"