Promes Sd Ktsp
perbedaan promes dan prota di ktsp dan k13
1. perbedaan promes dan prota di ktsp dan k13
Prota (Program Tahunan) adalah Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
2. Promes (Program Semester) adalah Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian.
2. Dimana situs download rpp,silabus,promes,prota,pemetaan SK&KD kls 4 sd ?? kurikulum 2013 bkn ktsp ..,
play store,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
3. format penilaian KTSP untuk SD
kehadiran
sikap. yang biasanya ada pada format penilaian ktsp untuk sd
kehadiran sikapa kalo gal salh
4. Perbedaan kurikulum pembelajaran IPS SD di kelas rendah pada kurikulum 2013 dan KTSP? Jelaskan
Jawaban:
kurikulum 2013 membahas tdak terlalu detail tentang materi pembelajaran IPS SD dan penjabarannya tdak terlalu bnyak, karna kurikulum ini mendidik siswa2 untuk mengembangkan daya pikir dan kurikulum ini tingkatannya lebih tinggi d bandingkan KTSP yg banyak dan lengkap pembahasan
5. Beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum ips sd tahun 1994 dan kurikulum ips sd tahun 2006 (ktsp)
Jawaban:
Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dassar tahun 2006 yang ditetepakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006, mempunyai karakteristik tersendiri karena kurikulum IPS yang mulai berlaku tahun ajaran 2006 itu tidak menganut istilah pokok bahasan, namun cukup simpel,yakni Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Hal ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya dan jam pelajarn relatif lebih sedikit per minggunya. Kesemuanya ini memberikan peluang yang luas bagi guru sebagai pengembang kurikulum untuk berkreasi dalam pengembangan kurikulum yang mengacu pada pembelajaran IPS yang PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan). Di tangan gurulah, kurikulum ini dapat hidup dan berkembang.
Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 2006 bersifat hanya memberi rambu-rambu untk kedalaman dan keluasan materi dalam mencapai kompetensi dasar yang diharapkan, di sini aspirasi setempat (muatan lokal) dapat dituangkan dalam proses pembelajaran IPS Terpadu. Di dalam kompetensi dasar, terdapat kata kerja operasionalyang menunjukan cara pembelajaran yang disarankan. Apabila ditelaah maka kata kerja operasional tersebut mengacu pada cara belajar aktif, misalnya membuat, menunjukan, menceritakan, mencari, menggunakan, mengamati, dan menggambar.
Materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar terdiri dari materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Materi IPS SD tidak nampak secara nyata, namun terata secara terpadu dalam standar kompetensi yang dimulai sejak kelas satu sampai dengan kelas enam. Pembelajaran IPS pada kelas 1 sampai kelas 6 dilaksanakan melalui pendekatan pembelajaran.
Kurikulum 2006 tertata dalam standar kompetensi tertata dalam kompetensi dari kelas 1 sampai kelas 6. Kurikulum 1994 materi pelajaran ditata lebih terpadu dan sederhana.
Kolerasi dalam berbagai ilmu atau disiplin ilmu penunjang daripada kurikulum1986.
Kurikulum 1968 materi IPS masih bersiri sendiri-sendiri secara terpisah antara Ilmu Bumi, Sejarah, dan Pengetahuan Kewarganegaraan.
Kurikulum 1975 Pendidikan Kewarganegaraan dalam IPS mulai dipisahkan menjadi bidang studi sendiri dengan nama Pendidikan Moral Pancasila.
Kurikulum 1994PMP dan IPS tetap terpisah, PMP diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 1 sampai dengan kelas 6. pelajaran IPS diajarkan sejak kelas 3 SD.
Ditinjau dari tujuan kurikuler :
Kurikulum 1964 dan 1968 menekankan unsur tujuan Pendidikan Kewargaan Negara/Moral. Unsur tersebut dalam kurikulum1975, 1986, 1994 terwadahi dalam bidang studi PMP/ PPKN.
\
Ditinjau dari segi penyusunan tujuan kurikuler :
Kurikulum 1994 sama dengan kurikulum1986 yakni 4 tujuan kurikuler IPS, masing-masing satu tiap kelas dan 3 tujuan kurikuler Sejarah Nasional masing-masing satu tiap kelas.
Ditinjau dari segi lingkup bahan pengajaran :
Kurikulum 1994 menggunakan pendekatan spiral (lingkup terdekat-luas). Pendekatan ini juga berlaku untuk kurikulum sebelumnya
Khusus Sejarah Nasional menggunakan pendekatan periodisasi (zaman kuno- sejarah kontem porer)
Kurikilum 1994materi sejarahnasional ditambah ditambah sejarah lokal.
Kurikulum 1986 disamping sejarah nasional ditambah PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa )
Dari materi Kurikulum
Kurikulum 1964 sd 1986 materinya semakin padat dan sarat .
Kurikulum 1994materi mulai di sederhanakan ,pengembanganmateridiserahkan kepada guru .
Kurikulum 1964ada 18 pokok bahasan
Kurikulum 1968 ada 19 pokok bahasan
Kurikulum1975 ada29 pokok bahasan
Kurikulum 1986 ada39 pokok bahasan
Kurikulum 1994 ada 29 pokok bahasan
Dari segi alokasi waktu
Kurikulum1986 dengan kurikulum 1994tidak mengalami perbedan.
Kukurikulum IPS 2006 relatif lebih sedikit yakni 3 jam dalam 1 minggu.
Perbedaan yang esensial terletak pada jumlah pokok bahasan. Kurikulum1986 sarat dan padat materi,sehingga kedalaman materi kurang.
Kurikulum 1994 kedalaman dan keluasandiserahkan kepadaguru selaku pengembang
Penjelasan:
*SEMOGA MEMBANTU*
6. perbedaan kurikulum pkn sd ktsp dan k 13
kurikulum 2013 : SKL (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013. Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013
-ktsp : Standar Isi ditentukan terlebih dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006.
7. soal uts semester 1 kelas 5 SD ktsp plus jawaban
Upload soalnya di sini, baru bisa dijawab.soalnya adalah sebutkan nama nama raja raja Singasari? jawabannya Sri Rajasa (Ken Arok), Kertanegara (Joko Dolok)
8. Yang di sebut keterampilan sosial dalam ktsp ips sd.
Penjelasan:
Keterampilan-keterampilan sosial meliputi: (1) Kemampuan berkomunikasi, (2) Menjalin hubungan dengan orang lain, (3) Menghargai diri sendiri dan orang lain, (4) Mendengarkan pendapat atau keluhan dari orang lain, (5) Memberi atau menerima umpan balik (feedback), (6) Memberi atau menerima kritik, dan (7) Bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku (Thalib, 2010).
9. rpp bahasa inggris kurikulum ktsp 2016 untuk kelas 5 sd
buku Erlangga yg paling bagus &berkualitasbuku erlangga yang paling bagus.
10. Bagaimana peran guru dalam mengembangkan ktsp di jenjang SD agar dapat mengasilkan kurikulum yang baik
Jawaban:
mendapatkan nilai siswa yang baik
guru sebagai peran untuk menjelaskan sesuatu hal yang pada siswa belum di pahami
Penjelasan:
semoga bermanfaat:)
11. analislah beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum IPS SD tahun 1994 dan kurikulum IPS SD tahun 2006 (KTSP)
Jawaban:
lebih spesifik kurikulum 2006 kaka
12. Quizkelas 5 sdktsp 200652 × (-18 + 24) = ( ... × ... ) + ( ... × ... ) = ... + ... = ...
QUIZ
52 × (-18 + 24) = ( 52 × (-18 ) + ( 52 × 24)
= (-936) + 1248
= 312
13. contoh soal uas ktsp kelas 5 sd semester ganjil juragan les
1. Pembulatan bilangan 845 ke ratusan terdekat adalah ….
a. 800
b. 840
c. 850
d. 900
2. Sifat distributif dari 65 x (25 + 10) di bawah ini yang benar adalah ...
a. (65 x 25) + 10
b. 65 x 25 + 65 x 10
c. 65 x 25
d. 25 + 10 x 65
3. 15 x (175 – 75) = (15 x n) – (15 x 75), n adalah ….
a. 15
b. 75
c. 175
d. 100
4. Faktor persekutuan 48 dan 72 adalah ....
a. 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24
b. 2, 3, 4, 6, 8, 9,12
c. 1, 2, 3, 4, 6, 8, 9, 12, 24
d. 2, 3, 4, 6, 8, 9, 12, 24
5. Faktorisasi prima dari bilangan 108 adalah ....
a. 2² x 3²
b. 2³ x 3²
c. 2² x 3³
d. 2³ x 3³
6. Akar pangkat dua dari 1.296 adalah ....
a. 34
b. 36
c. 38
d. 44
7. KPK dari 45 dan 60 adalah ....
a. 150
b. 180
c. 200
d. 240
8. FPB dari 48 dan 64 adalah..
a. 8
b. 12
c. 14
d. 16
9. Faktor prima dari 2.400 adalah ...
a. 2 dan 3
b. 3 dan 5
c. 2, 3 dan 5
d. 2, 3, 5, dan 7
10. FPB dan KPK dari 96 dan 108 adalah ...
a. 14 dan 854
b. 12 dan 864
c. 16 dan 880
d. 18 dan 900
11. -25 + 65 – 24 = ...
a. 66
b. -16
c. 16
d. -66
12. Hasil dari 750 + (-45) x 10 : (-5) + 56 adalah ...
a. 4
b. 116
c. 890
d. 896
13. 322 x √121 = ....
a. 3.432
b. 3.452
c. 3.542
d. 3.562
14. Pukul 10.20 malam dapat ditulis pukul ...
a. 20.20
b. 21.20
c. 22.20
d. 23.20
15. Jika sekarang pukul 11.25, maka 35 menit yang lalu pukul ...
a. 11.00
b. 10.55
c. 10.50
d. 10.45
16. 3 jam + 45 menit + 2400 detik = ... menit
a. 260
b. 265
c. 270
d. 275
17. 1 abad + 3 windu + 36 bulan = ... tahun
a. 136
b. 120
c. 140
d. 127
18. Pada pukul 04.00, kedua jarum jam membentuk sudut ... derajat.
a. 90
b. 100
c. 120
d. 150
19. 7,5m + 48dm + 450cm = ... cm
a. 1600
b. 1.650
c. 1.670
d. 1.680
20. 4,5dm + 4,5m + 425cm = ... dm
a. 92
b. 92,5
c. 95
d. 96,5
21. Pesawat terbang mampu menempuh jarak 600 km dalam waktu 45 menit. Kecepatan rata-rata pesawat tersebut adalah ....
a. 700 km/jam
b. 750 km/jam
c. 800 km/jam
d. 850 km/jam
22. Sebuah bus berangkat dari kota A pukul 08.15, dengan kecepatan rata-rata 45 km per jam. Bus itu sampai di kota B pukul 10.35. Jarak kota A dan B = . . . km.
a. 100
b. 105
c. 110
d. 115
23. Jumlah sisi sejajar sebuah trapesium adalah 320 cm. Tingginya 15 cm. Luasnya adalah ....
a. 4.800 cm²
b. 2.400 cm²
c. 2.500 cm²
d. 4.500 cm²
24. Luas sebuah layang-layang adalah 228 cm². Panjang salah satu diagonalnya 38 cm. Panjang diagonal yang lain adalah ....
a. 12 cm
b. 13 cm
c. 14 cm
d. 15 cm
25. Agung akan membuat layang-layang dengan panjang rangka 50 cm dan 40 cm. Luas kertas yang dibutuhkan untuk membuat layang-layang tersebut adalah ... cm².
a. 2.000
b. 1.500
c. 1.000
d. 1.250
Kunci Jawaban room I
1.a 2.b 3.c 4.a 5.c 6.b 7.b 8.d 9.c 10.b 11.c 12.d 13.c 14.c 15.c 16.b 17.d 18.c 19.d 20.a 21.c 22.b 23.b 24.a 25.c
14. apa yang melandasi delapan ruang Lingkup PKn SD yang terdapat dalam kurikulum KTSP dan Kurtilas dalam mata pelajaran PKn SD?
Jawaban:
Ga tauu maaff yahh
Penjelasan:
Yayayya
15. Bagaimana mendeskripsikan karakteristik KTSP terhadap anak SD
Jawaban:
Karakteristik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)KTSP merupakan bentuk operasional pengembangan kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah, yang akan memberikan wawasan baru terhadap sistem yang sedang bertujuan selama ini.
Hal ini dapat membawa dampak terhadap peningkatan efisiensi dan efektivitas kinerja sekolah, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Mengingat peserta didik datang dari berbagai latar belakang kesukuan dan tingkat sosial, salah satu perhatian sekolah harus ditujukan pada asas pemerataan, baik dalam bidang sosial, ekonomi, maupun politik.
Di sisi lain, sekolah juga harus meningkatkan efisiensi, partisipasi, dan mutu, serta bertanggung jawab kepada masyarakat dan pemerintah.
Post a Comment for "Promes Sd Ktsp"