Jawaban Lk 2 Prakarya Kelas 9 Semester 1 Halaman 12
Jawaban lk-2 prakarya kelas 9 semester 1 halaman 12
1. Jawaban lk-2 prakarya kelas 9 semester 1 halaman 12
Pendahuluan :
Kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang dasar pembuatanya dari bahan keras. kerajinan bahan keras berdasar asalnya ada 2 , yaitu bahan keras alam dan buatan.
Kerajinan bahan keras dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan manusia. Tingginya permintaan kerajinan bahan keras membuat berbagai inovasi terus - menerus
Jawaban inti1) Produk kerajinan bahan keras : Ragam hias kayu
Bahan dasar kerajinan : Kayu
Bentuk kerajinan bahan keras : Berbentuk ragam hias yang unik
Muatan nilai : Nilai pada Ragam hias digunakan sebagai ornamen dan lambang nilai budaya setempat
2) Produk kerajinan bahan keras : sandal bambu
Bahan dasar kerajinan : bambu
Bentuk kerajinan : Lonjong - menyesuaikan ukuran kaki
Muatan nilai : Sandal bambu digunakan sebagai alas kaki
3) Produk kerajinan bahan keras : Tas rotan
Bahan dasar kerajinan : rotan
Bentuk kerajinan : berbentuk kotak
Muatan nilai : Tas rotan digunakan untuk membawa barang - barang dalam satu wadah
4) Produk kerajinan bahan keras : Perabot kursi
Bahan dasar kerajinan : Kayu
Bentuk kerajinan : Tersusun dari balok
muatan nilai : Kursi digunakan sebagai tempat duduk
=============
Mapel : Prakarya
Kelas : 9
bab : Kerajinan bahan keras
Materi : Aspek rancangan dalam produk kerajinan
Kata kunci : contoh produk kerajinan bahan keras, bahan dasar kerajinan, bentuk kerajinan , muatan nilai kerajinan bahan keras
Kode soal : 23
Kode kategorisasi : 9.23
===========
Pelajari lebih lanjut :Pengertian kerajinan bahan keras
https://brainly.co.id/tugas/14129530
Contoh kerajinan bahan keras
https://brainly.co.id/tugas/4836538
Contoh kerajinan dari bahan alam
https://brainly.co.id/tugas/364614
===========
#TingkatkanPrestasimu
2. jawaban prakarya tugas 4 LK-3 halaman 22 kelas 9 semester 1
Jawaban:
itu kamu harus membuat motif sendiri
misalnya: kamu buat motif yang di suruh oleh guru dan setelah jadi kamu buat nama motifnya dan maknanya juga
Penjelasan:
kalau mau lebih lanjut/mau di ajarkan chat wa : 082179175848 ( gratis ) semoga membantu.
3. Prakarya kelas 7, lk 1, semester 2, halaman 12tolong bantu jawab yaa, makasiii
Jawaban:
mana soalnya?,Kalo gini ga bisa jawab :D
4. Jawaban Prakarya kelas 9 semester 1 halaman 12 minimal 15
Jawaban:
15 kebanyakan.
saya kasih contoh satu ya.
Produk: Wadah Tisu
Bahan dasar: Kardus dan Koran
bentuk : Balok/Kotak
Muatan nilai : Bisa memberikan daya tarik sehingga koran yang sudah gk kepake bisa digunakan
5. jawaban prakarya kelas 9 halaman 61 semester 1
Berikut ini adalah daftar nama peralatan untuk instalasi listrik beserta fungsinya:
Saklar listrik, memiliki fungsi untuk menyambung dan memutuskan daya listrik ditujukan untuk menghemat penggunaan listrik dalam rumah tangga, contoh penggunaanya pada saklar lampu untuk menyalakan dan mematikan lampu.Stop kontak, berfungsi sebagai sumber atau muara untuk menyalurkan listrik ke perangkat elektronik yang terdapat dirumah.Kabel listrik, memiliki fungsi untuk menghantarkan listrik dari sumber listrik ke berbagai macam perangkat listrik yang ada dirumah.Steker listrik, memiliki fungsi menempelkan/menyolokkan kabel listrik kepada stop kontak supaya listrik dapat terhubung dari sumbernya tersalur ke perangkan elektroniknya.Fiting lampu, memiliki fungsi sebagai dudukan atau rumah lampu untuk menaruh bohlam agar dapat terhubung ke sumber listrik yang akhirnya dapat menyebabkan bohlam tersebut menyala.Meteran listrik, memiliki fungsi untuk membatasi daya sekaligus mencatat daya pemakaian listrik di rumah.Sekering, memiliki fungsi sebagai pengaman listrik bila terjadi konslet atau hubungan arus pendek didalam rumah PembahasanApa itu alat instalasi listrik? yaitu media perantara yang menghubungkan listrik dari sumbernya sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan/aktivitas sehari-hari dirumah, contohnya untuk dapat menyalakan kipas angin maka harus memerlukan stop kontak, steker listrik dan kabel listrik ke kipas anginnya.
Manfaat dari instalasi listrik sendiri supaya kita dapat memanfaatkan sumber listrik untuk kita gunakan membantu aktivitas kita yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan tenaga listrik.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang apa yang kamu ketahui tentang listrik https://brainly.co.id/tugas/4114117
Materi tentang perancangan instalasi listrik rumah tangga https://brainly.co.id/tugas/20023958
Materi tentang pengertian instalasi listrik permanen dan instalasi listrik insidental brainly.co.id/tugas/5007464
Detil jawabanKelas: VIII
Mapel: Prakarya
Bab: Instalasi Listrik Rumah Tangga
Kode:-
#TingkatkanPrestasimu
6. prakarya kelas 8 halaman 10 lk 4 semester 2
Jawaban:
Penjelasan:SEKIAN TERIMA KASIH
7. Apa jawaban prakarya halaman 6 kelas 9 semester 1
Jawaban:
halaman enam ? foto nya manaa
8. Bantu jawab :), Prakarya kelas 8 semester 2 halaman 145 LK 3
Berikut adalah penjelasan dari Lembar Kerja 3 yang ada pada buku Prakarya kelas 8 halaman 145:
Gambar 1
Nama produk: nama olahan pangan yang ada pada gambar adalah keripik singkong.Hasil samping: hasil samping dari produk olahan pangan tersebut adalah kulit singkong.Teknik pengolahan: teknik pengolahan keripik singkong adalah mengupas dan membersihkan singkong, lalu iris tipis sehingga berbentuk keripik. Panaskan minyak dan masukkan potongan singkong tersebut dan goreng hingga garing. Sejarah budaya: sejarah dari keripik singkong adalah singkong tidak menjadi salah satu makanan yang populer di kalangan masyarakat. Maka dari itu, dengan membuat keripik singkong kita bisa memberi bumbu yang nikmat sehingga membuat masyarakat menyukai singkong.Gambar 2
Nama produk: nama olahan pangan yang ada pada gambar adalah tempe gembus.Hasil samping: hasil samping dari produk olahan pangan tersebut adalah ampas kedelai.Teknik pengolahan: teknik pengolahan tempe gembus adalah mencuci ampas kedelai lalu dikukus sekitar 30 menit. Sangrai hasil kukusan tersebut dan pindahkan pada nampan. Kukus hasil sangrai tersebut hingga menjadi kering lalu masukkan pada plastik. Beri lubang pada plastik dan biarkan sampai 3 hari. Tempe gembus bisa digunakan setelah dibiarkan selama tiga hari.Sejarah budaya: tempe gembus adalah bentuk nyata dari penggunaan hasil samping bahan pangan yang seringkali sudah dianggap tidak berguna. Maka dari itu, tempe gembus adalah olahan pangan hasil samping yang sangat menarik.Gambar 3
Nama produk: nama olahan pangan yang ada pada gambar adalah sambal glandir asam.Hasil samping: hasil sampingnya adalah umbi jalar.Teknik pengolahan: teknik pengolahan sambal glandir asam adalah memotong ubi jalar hingga tipis lalu direbus sekitar 30 menit. Beri garam pada umbi jalar dan bersihkan lendir yang ada pada umbi jalar tersebut. Lumatkan cabe rawit, bawang merah, tomat, dan garam hingga tercampur. Bisa tambahkan juga jeruk nipis untuk memberi rasa asam. Ambil lendir dari umbi jalar dan taruh pada piring lalu di atasnya beri sambal.Sejarah budaya: sambal glandir asam ini bisa tercipta karena adanya keinginan untuk mengangkat umbi jalar sebagai salah satu bahan pangan yang nikmat. Hal ini dikarenakan umbi jalar tidak menjadi bahan pangan yang populer di masyarakat.Gambar 4
Nama produk: nama produk yang ada pada gambar adalah biskuit bekatul.Hasil samping: hasil samping dari produk tersebut adalah sekam padi.Teknik pengolahan: teknik pengolahan biskuit bekatul adalah kocok margarin dengan gula merah hingga mengembang lalu campurkan 2 buah telur. Campurkan tepung bekatul, jahe, biji bunga matahari, dan baking powder pada hasil adukan. Tuangkan hasil campuran pada loyang dan panggang pada oven.Sejarah budaya: bekatul pada zaman dahulu biasanya digunakan sebagai makanan ternak. Dengan adanya olahan biskuit bekatul ini, bekatul menjadi bahan pangan yang sering digunakan oleh masyarakat.PembahasanPengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengolah bahan pangan mentah menjadi bahan pangan jadi atau bahan pangan setengah jadi. Tujuan utama dari pengolahan bahan pangan ini adalah untuk meningkatkan kualitas gizi dari bahan pangan dan juga memperpanjang umur dari bahan pangan tersebut.
Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengolah bahan pangan:
MengukusMemanggangMenggorengMerebusPelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian olahan pangan setengah jadi
https://brainly.co.id/tugas/2707250
Materi tentang olahan bahan pangan serealia, umbi, dan kacang
https://brainly.co.id/tugas/27485060
Detail jawabanKelas: 8
Mapel: Seni Budaya
Bab: -
Kode: 8.19
#AyoBelajar
9. tugas lk-3 prakarya kelas 9 semester 2 halaman 31-32
Oleh : Hari idfidina
smpn9 Purwakarta
1. gambar A ( tas)
Bahan = bambu/serutan bambu tipis (serat alam) , benang berbagai warna.
Teknik = menganyam , menyulam benang.
2.karya ini tergolong kerajinan berbasis media campuran
3.Karna karya ini terbuat dari anyaman bambu .
4.sesuai kegunaan tas pada umumnya. dibentuk seperti itu untuk menyimpan benda atau yang lainnya.
Dan di hias seperti itu agar terlihat lebih menarik.
5.tidak mudah untuk di bentuk sesuai bentuk asalnya.
Gambar B (kalung)
1.Bahan = Kuningan , tali , biji buah / kayu .
Teknik = meronce, pengecoran (melelehkan Kuningan dan di bentuk sesuai bentuk Kuningan pada kalung).
2. Karya ini tergolong karya kerjinan berbasis media campuran
3.karna karya ini sangat bagus dan unik berbeda dari kalung biasa. kemudian dalam proses pembuatannya agak susah.
4.karna karya ini di gunakan di leher sebagai kalung dan bisa juga di pajang sebagai hiasan
5.tidak mudah untuk dibentuk ke bentuk asalnya
follow Instagram = @Hari idfidina
10. Prakarya kelas 9 Semester 2 LK-2 hal 132
Nama hewan hasil peternakan dan perikanan :
1. Sapi
2.Domba
3. Ikan
Hasil samping yang dimanfaatkan :
1. Daging dan susu
2. Daging dan bulunya
3. Daging
Produk yang dihasilkan :
1. Susu kemasan
2. Telor
3. Ikan goreng/Sarden
Manfaat :
1. Untuk pertumbuhan gizi dan mengandung banyak nutrisi
2. Pertumbuhan gizi yang sangat baik
3. Untuk menambah protein dalam tubuh kita
Pendapat :
Hewan dari perikanan dan peternakan sehat bagi tubuh kita seperti protein pada ikan, pertumbuhan gizi pada daging domba dan nutrisi pada susu sapi, dll.
PembahasanHewan adalah kelompok organisme yang dikelompokan dalam kerajaan Animalia atau metazoa.
Dilihat dari makanannya, hewan terbagi menjadi 5 golongan atau 5 jenis, yaitu: Herbivora, Carnivora, Omnivora, Frugivora, Insectivora.
Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhanKarnivora adalah hewan pemakan dagingOmnivora adalah hewan pemakan segalanyaFrugivora adalah hewan pemakan tumbuhanInsectivora adalah hewan pemakan serangga.Dilihat dari tempat tinggalnya, hewan dibagi menjadi 3 golongan atau 3 jenis, yaitu: Hewan yang hidup di darat, Hewan yang hidup di air, dan Hewan yang hidup di darat dan di air.
Dilihat dari cara berkembangbiak, hewan dibagi menjadi 3 golongan atau 3 jenis, yaitu: Ovipar, Vivipar, Ovovivipar.
Ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur , contohnya : Ayam,Bebek,Kura-kura
Vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan , contohnya : Kucing,Paus
OvoVivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan , contohnya : Ular kadut,Iguana,Kadal
Pelajari Lebih LanjutSebutkan 20 hewan yg melahirkan brainly.co.id/tugas/3130206Contoh hewan yang memiliki tentakel adalah ? brainly.co.id/tugas/11878304Herbivora adalah hewan ? https://brainly.co.id/tugas/18723071Detail JawabanKelas : 4
Mapel : IPA
Bab : 4
Kode : 4.4.3
#TingkatkanPrestasimu
11. LK 4 Prakarya halaman 130 kelas 8 semester 1tolong dong...
Nama olahan pangan : Tempe Gembus
Bahan yang digunakan :
Ampas kedelai 500 gram
Ragi tempe 1 sendok teh
Alat : plastic sealed, tusuk gigi, panci kukusan, nampan, wajan dan sutil
penggorengan, serta rak kawat dan serbet
Teknik pengolahan pangan yang digunakan:
Isi bagian bawah panci kukusan dengan air, letakkan sarang kukusan diatasnya, lalu masukkan ampas kedelai pada panci kukusan dan kukus selama 30 menitAngkat ampas kedelai kukus dengan dihampar pada b nampan secara merata dan dinginkan dengan cara dianginkan.Setelah dingin, sangrai ampas kedelai kukus hingga kering (tidak terasa lembab jika dipegang dengan jari).Angkat ampas kedelai sangrai dan dinginkan dengan dihampar pada nampan secara merata.Setelah ampas kedelai sangrai dingin beri satu sendok teh ragi dan campurkan secara merata dengan menggunakan sedok atau sutil penggorengan. Usahakan tangan jangan sampai menyentuh ampas kedelai yang telah dicampur ragi.Masukkan ampas kedelai bercampur ragi pada plastik sealed dan rapatkan. Lubangi kedua permukaan plastik dengan menggunakan tusuk gigi agar ada rongga udara. Letakkan plastic sealed berisi ampas kedelai diatas rak kawat yang telah dihampar dengan serbet dan diamkan selama 2 sampai 3 hari.Setelah didiamkan selama tiga hari, maka jadilah tempe gembus yang siap dimasak.Pelajari lebih lanjutMateri tentang olahan pangan gado-gado https://brainly.co.id/tugas/22320024
Materi olahan pangan pada sayuran https://brainly.co.id/tugas/15120500
Materi tentang olahan pangan sayuran https://brainly.co.id/tugas/22485759
Detail JawabanKelas : 7
Mapel : Prakarya
Bab : -
Kode : 7.23
#AyoBelajar
12. prakarya kelas 8 semester 2 halaman 52 LK 1
Jawaban:
prakarya kelas 8 semester 2 halaman 52 LK 1
Penjelasan:
sumber air, kondisi air hujan setelah masuk di tanah, manfaat dan penggunaan air bersih
air hujan, bersih/kotor atau dingin, Menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh, mata air, bersih/kotor atau dingin,.Membersihkan badan. pencairan es, bersih/kotor atau dingin, Membersihkan bahan makanan dan masak.Pelajari lebih lanjut tentang materi sumber air https://brainly.co.id/tugas/2377250
#BelajarBersamaBrainly
13. prakarya kelas 8 semester 2 halaman 137 LK-2
Pada Lembar Kerja 2, halaman 137 kelas 8 pada pelajaran Prakarya, berikut adalah penjelasannya:
Tabel 1
Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah padi.Hasil samping: hasil samping dari nasi adalah jerami.Manfaat: manfaat dari jerami adalah untuk makanan hewan ternak, kandang hewan, dan juga untuk menciptakan api.Produk pangan: produk pangan dari padi adalah nasi.Latar belakang sosial budaya: jerami menjadi banyak di Indonesia karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat Indonesia adalah sebagai petani padi.Tabel 2
Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah kacang kedelai.Hasil samping: hasil samping dari kacang kedelai adalah ampas kecap, ampas tahu, dan kulit kacang kedelai.Manfaat: manfaat dari hasil samping dari kacang kedelai adalah untuk makanan hewan ternak.Produk pangan: produk pangan dari kacang kedelai adalah susu kedelai, tahu, tempe, dan kecap.Latar belakang sosial budaya: hasil samping dari kedelai banyak di Indonesia karena banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai petani dan peternak.Tabel 3
Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah singkong.Hasil samping: hasil samping dari singkong adalah daun dan kulit singkong.Manfaat: manfaat dari daun dan kulit singkong adalah pupuk dan menjadi bahan pangan.Produk pangan: produk pangan dari singkong adalah keripik singkong, tape, kue, dll.Latar belakang sosial budaya: singkong adalah umbi yang cukup mudah ditanam sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menanam singkong di kebun rumahnya dan membuat hasil samping dari singkong tersebut banyak digunakan di Indonesia.PembahasanPengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengubah bahan pangan mentah sehingga bisa menjadi bahan pangan jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas gizinya dan juga untuk memperpanjang umur dari bahan pangan tersebut.
Secara garis besar, bahan pangan bisa dibedakan menjadi:
SerealiaUmbi-umbianKacang-kacanganPelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian olahan pangan setengah jadi
https://brainly.co.id/tugas/2707250
Materi tentang olahan bahan pangan serealia, umbi, dan kacang
https://brainly.co.id/tugas/27485060
Detail jawabanKelas: 8
Mapel: Seni Budaya
Bab: -
Kode: 8.19
#AyoBelajar
14. Lk 2 prakarya kelas 9 semester 1 hal 10tolong dijawab ya:)
Penjelasan:
saya tidak punya bukunya, disini juga tidak ada pertanyaannya.. maaf yaa
15. jawaban lk2 prakarya kelas 9 semester 1 halaman 12
Jawaban:
Terlampir soal lk2 prakarya kelas 9 semester 1 halaman 12
Penjelasan:
Kerajinan bahan keras
Jenis kerajinan: rotan
Daerah asal: Indonesia (rotan lambang, rotan umbul, rotan tohiti, rotan susu)
Bentuk: anyam an
Warna: coklat
Tekstur: kayu
Ragam hias: tempat pensil, tikar, dll
Perbedaan yang menonjol: tanaman rotan berdaun majemuk dan juga mempunyai pelepah daun yang duduk pada buku serta menutupi permukaan ruas batang,
Kerajinan bahan keras
Jenis kerajinan: bambu
Daerah asal: banyak ditemukan di daerah tropik di Benua Asia, Afrika, dan Amerika.
Bentuk: anyaman
Warna: coklat
Tekstur: padat dan pada batangnya berongga
Ragam hias: peralatan rumah tangga
Perbedaan yang menonjol: untuk bambu pohon kuning, memiliki batang yang keras berwarna kuning cerah, batangnya bertekstur halus, memiliki bulu yang sedikit dari pada jenis bambu lainnya
Kerajinan bahan keras
Jenis kerajinan: batu
Daerah asal: Kalimantan, Sumatera, dll
Bentuk: bundar, atau bongkahan
Warna: merah, kuning, cokelat, hitam, hijau, dll
Tekstur: keras
Ragam hias: hiasan interior dan eksterior.
Perbedaan yang menonjol: untuk opal warna utama hitam atau putih; lembam ke putih hingga biru muda sedang, hijau, atau putih
Pelajari lebih lanjut tentang materi kerajinan bahan keras https://brainly.co.id/tugas/30355615
#BelajarBersamaBrainly
Post a Comment for "Jawaban Lk 2 Prakarya Kelas 9 Semester 1 Halaman 12"